BAPETEN Benchmark Pengelolaan Informasi Publik ke Universitas Padjadjaran
Kembali 25 November 2025 | Berita BAPETEN | 32 lihatDalam rangka memperkuat keterbukaan informasi publik dan meningkatkan strategi komunikasi kelembagaan, BAPETEN melaksanakan kegiatan benchmarking pengelolaan informasi publik ke Universitas Padjadjaran (Unpad), Jatinangor, pada tanggal 25 November 2025. Unpad dipilih karena merupakan perguruan tinggi yang dikenal memiliki sistem layanan informasi publik dan pengelolaan komunikasi yang terpadu dan maju.
Tim PPID BAPETEN dipimpin oleh Pengelola Kegiatan Kelompok Fungsi Komunikasi Publik (BHKK) BAPETEN Abdul Qohhar, dan diterima langsung oleh Direktur Kelembagaan dan Tata Kelola Unpad Ika Komalasari.
Acara diawali dengan sambutan Direktur Kelembagaan dan Tata Kelola Unpad, Ika Komalasari, yang menyampaikan apresiasi atas kunjungan BAPETEN dalam rangka peningkatan kualitas layanan informasi publik.
Acara dilanjtukan presentasi oleh Sekretaris Direktorat Kelembagaan dan Tata Kelola Unpad Ahmad Baehaqi, memaparkan sistem pengelolaan informasi dan dokumentasi di Unpad. Dalam paparannya, ia menekankan pentingnya sinkronisasi komunikasi kelembagaan, profesionalisme pengelola PPID, konsistensi penyediaan informasi berkala, setiap saat, dan serta-merta, serta penguatan layanan digital untuk publik.
Dalam sesi diskusi, Pengelola Kegiatan Kelompok Fungsi Komunikasi Publik (BHKK) BAPETEN menyampaikan tentang pelaksanaan tata kelola Keterbukaan Informasi Publik (KIP) di BAPETEN. Unit Komunikasi Publik berada di bawah Biro Hukum, Kerja Sama, dan Komunikasi Publik (BHKK) BAPETEN dan memiliki tugas melaksanakan kehumasan, publikasi kelembagaan, edukasi publik terkait pengawasan nuklir di bidang kesehatan, industri, dan penelitian, menyajikan informasi berkala, informasi setiap saat, serta mengelola informasi yang dikecualikan sesuai peraturan KIP.
“Kehadiran Tim BAPETEN di Unpad bertujuan untuk memperoleh masukan, berbagi pengalaman, dan memperbaiki tata kelola KIP ke depan, termasuk dalam proses pengadaan barang dan jasa terkait layanan informasi,” tambahnya.
Melalui pertemuan ini, tim BAPETEN mempelajari berbagai aspek teknis yang telah diterapkan Unpad, antara lain tata kelola PPID, inovasi layanan informasi digital, pengelolaan website dan media sosial, standar layanan permohonan informasi, pemanfaatan teknologi dalam diseminasi informasi publik.
Tim juga melakukan kunjungan langsung ke Unit Layanan Terpadu Unpad, serta berdiskusi tentang praktik terbaik dalam manajemen krisis informasi dan strategi peningkatan partisipasi publik melalui kanal resmi media sosial.
Tim dari BAPETEN yang ditugaskan dalam kegiatan ini, Pengelola Kegiatan Kelompok Fungsi Komunikasi Publik (BHKK) BAPETEN Abdul Qohhar, Analis Kebijakan Devi Susanti, Pranata Humas Retno Agustyah, Sutiono Purwosunu, Siti Nuryuli Setiyaningrum, Octha Riau Septiany, Denny Aprianto, Glend Pradana dan Chika Dianza Alifha.
Sedangkan Tim dari Unpad Direktur Kelembagaan dan Tata Kelola Ika Komalasari, Sekretaris Direktorat Kelembagaan dan Tata Kelola Ahmad Baehaqi, Koordinator Bidang Humas Marlia, Koordinator Bidang Tata Kelola Angga Indra Lesmana Suyamat, Pranata Humas Elin Herlina, Analis Data dan Informasi Listiani Sugiyono, Analis Sistem Informasi Sholeh Qomaruddin, Arsiparis Susi Aryanti, Analis Hukum dan Tatakelola Addina Daniswari dan Analis Hukum dan Tatakelola Erna Susanti
Benchmark ini menjadi ajang kolaborasi antara BAPETEN dan dunia akademik dalam mengembangkan pendekatan edukasi publik tentang ketenaganukliran yang informatif, kredibel, dan mudah dipahami masyarakat.
BAPETEN berharap sinergi dengan Unpad dapat semakin meningkatkan profesionalisme layanan informasi publik serta memperkuat budaya transparansi dan akuntabilitas kepada masyarakat. [BHKK/SP]

















Komentar (0)