Banner BAPETEN
Sosialisasi SE MenPAN RB No. 20 Tahun 2021 tentang Implementasi Core Values BerAKHLAK dan Employer Branding ASN
Kembali 22 Maret 2022 | Berita BAPETEN

Biro Organisasi dan Umum (BOU) BAPETEN mengadakan Sosialisasi SE MenPAN RB No. 20 Tahun 2021 tentang Implementasi Core Values BerAKHLAK dan Employer Branding ASN, Selasa (22/03) secara online. Acara ini menghadirkan narasumber dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) dan turut dihadiri oleh agen perubahan dan perwakilan dari berbagai unit kerja di BAPETEN.

Core Values ASN BerAKHLAK diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 27 Juli 2021 bersamaan dengan peluncuran employer branding "Bangga Melayani Bangsa". BerAKHLAK adalah Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

imgkonten imgkonten

Acara dibuka oleh Koordinator Organisasi dan Tata Laksana Eko Legowo dan dilanjutkan dengan penyampaian materi sosialisasi oleh Analis Kebijakan Ahli Pertama Asisten Deputi Integritas dan Evaluasi Sistem Merit Iknandi Intan Permata Sari. Materi yang disampaikan yaitu Penguatan Budaya Kerja dan Employer Branding Sebagai Bagian dari Strategi Akselerasi Transformasi SDM Aparatur dalam Mendukung Reformasi Birokrasi yang didalamnya berisi penjelasan tentang Tantangan ASN Dalam Mendukung Visi Indonesia Maju, Strategi Akselerasi Transformasi ASN dan Penguatan Budaya Kerja dan Employer Branding.

imgkonten imgkonten

Dijelaskan bahwa ada tiga tantangan yang dihadapi para ASN. Tantangan pertama yaitu technology disruption, dimana kita harus menghadapi perubahan dari traditional industry ke industry 4.0 . Kedua yaitu millenials disruption. Total millennials akan mecapai 70% dari total populasi di tahun 2030. Kita harus siap dihadapkan pada tehnologi canggih untuk memenuhi kebutuhan millennials sehingga persepsi terhadap ASN bisa terwujub dengan baik. Tantangan yang ketiga yaitu pandemic disruption. Pandemi yang terjadi saat ini mengharuskan kita untuk bisa bekerja dan melakukan segala sesuatu di berbagai macam tempat sehingga diperlukan akselerasi transformasi digital.

imgkonten imgkonten

imgkonten imgkonten

Employer branding ASN adalah “Bangga Melayani Bangsa”. Untuk mewujudkannya diperlukan strategi untuk akselerasi transformasi ASN. Strategi tersebut adalah penguatan budaya kerja dan employer branding, percepatan peningkatan kapasitas SDMA, peningkatan kinerja dan sistem penghargaan, pengembangan talenta dan karir, percepatan transformasi digital dan perancangan jabatan,perencanaan dan pengadaan.

imgkonten imgkonten

Sosialisasi ditutup dengan diskusi dan tanya jawab. Diharapkan dengan adanya Sosialisasi ini BAPETEN bisa melakukan penyesuaian dan internalisasi dengan tidak merubah, menambah atau mengurangi butir-butir core values yang ada termasuk panduan perilakunya. ASN segera memahami dan menyelaraskan perilaku yang sudah ditetapkan dan membangun employer branding ASN di masyarakat. Untuk pimpinan diharapkan bisa menjadi change leader bagi ASN sekaligus menjadi guardian bagi core values ASN sesuai panduan perilaku berAKHLAK. [YL/BHKK]


Komentar (0)


BAPETEN Link

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png
mkananmenu_2024-05-15-171035.jpeg

Feedback

GPR Kominfo

Video

International Links