Banner BAPETEN
Rangkaian Launching BAPETEN CSIRT dan Rakor TIK 2023
Kembali 05 Juli 2023 | Berita BAPETEN
small_thumb_2023-07-05-171312.jpg

​BAPETEN melalui Biro Perencanaan Informasi dan Keuangan (BPIK) mengadakan rangkaian acara launching website Computer Security Incidence Response Team (CSIRT) dan Rapat Koordinasi Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) 2023 pada 5 Juli 2023 di Jakarta. Acara tersebut dihadiri oleh Deputi 3 Badan Siber dan Sandi Negara dan Pembangunan Manusia Sulistyo dan Direktur Keamanan Siber dan Sandi Pemerintah Pusat Tjatur Pudji Handojo serta diikuti sekitar 85 peserta.

imgkonten imgkonten

Pembukaan diawali dengan laporan penyelenggaraan BAPETEN CSIRT oleh Plh. Kepala BPIK Esturini Fitriyanti menyampaikan pembukaannya “Tim BAPETEN CSIRT yang merupakan bagian dari sinergitas program kegiatan nasional dalam rangka mewujudkan ketahanan siber yang handal dan professional dan pada tahun 2023 ini BAPETEN termasuk dalam target Rencana Pembangunan Organiasasi CSIRT Pemerintah pusat bersama 31 instansi lainnya.”

Ditambahnya “Tujuan BAPETEN CSIRT dalam rangka untuk terciptanya sistem keamanan informasi yang handal , untnuk menjamin ketersediaan , keutuhan dan kerahasiaan aset informasi serta menciptakan kesadaran keamanan informasi di lingkungan BAPETEN”

imgkonten

Plt. Kepala BAPETEN Sugeng Sumbarjo juga menambahkan “BAPETEN CSIRT dibuat dengan harapan bisa menyediakan sistem keamanan yang handal serta menurunkan insiden serangan siber dengan mendeteksi serangan dini siber”. Acara dilanjutkan sambutan dari Deputi 3 Badan Siber dan Sandi Negara dan Pembangunan Manusia Sulistyo dalam sambutannya menyampaikan “Keamanan informasi merupakan aset penting yang perlu baik dan hati-hati sejak awal, karena begitu kita memasuki era pembangunan ekosistem digital ketenaganukliran yang masif maka kita semua harus siap dengan segala konsekuensinya terlebih jika kita mengharapkan sistem yang kita miliki menjadi rujukan dari segala kegiatan pengawasan ketenaganuklirandi Indonesia dan digunakan secara intensif setiap hari.”

imgkonten imgkonten imgkonten

Rangkaian kegiatan dilanjutkan acara puncak yaitu peluncuran “Launching BAPETEN CSIRT” secara Biometrik dan penyerahan plakat oleh BSSN kepada BAPETEN.

imgkonten imgkonten

Acara dilanjutkan dengan Rapat Koordinasi TIK 2023 diawali dengan pemaparan materi presentasi “Kebijakan SPBE BAPETEN tahun 2023-2028” oleh Plt. Kepala BAPETEN Sugeng Sumbarjo dalam pemaparannya menekankan “Perubahan Road Map RB Nasional membuat adanya beberapa perubahan salah satunya visi untuk BAPETEN yaitu “Menjadi Badan Pengawas Tenaga Nuklir yang andal, profesional, inovatif, dan berintegritas dalam pelayanan kepada Presiden dan Wakil Presiden untuk mewujudkan Visi dan Misi Presiden dan Wakil Presiden: "Indonesia Maju yang Berdaulat, Mandiri, dan berkepribadian berlandaskan Gotong Royong” .

imgkonten imgkonten

Selain itu adanya juga pemaparan materi Direktur Keamanan Siber dan Sandi Pemerintah Pusat Tjatur Pudji Handojo disampaikan “Pengertian CSIRT merupakan sekelompok orang yang bertugas dan bertanggung jawab menangani insiden siber dalam ruang lingkup yang ditentukan terhadapnya dengan fungsi utama yaitu koordinasi insiden,penanganan insiden dan peningkatan keamanan” . Kemudian dilanjutkan pemaparan materi presentasi “Penyusunan Rencana Induk Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) BAPETEN” oleh Petit Wiringgalih yaitu “Menerapkan SPBE pada seluruh proses administrasi dan teknis dalam rangka mendukung fungsi pengawasan tenaga nuklir”.

imgkonten imgkonten

Acara ditutup dengan diskusi tanya jawab peserta dan foto bersama. (BHKK/CD/OR)


Komentar (0)


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png
mkananmenu_2024-05-15-171035.jpeg

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK