Banner BAPETEN
Koordinasi BAPETEN dengan BNSP dan Kemenaker dalam Pertemuan Teknis Lembaga Pelatihan Ketenaganukliran
Kembali 28 November 2022 | Berita BAPETEN
small_thumb_2022-12-02-090644.jpg

BAPETEN melalui Direktorat Keteknikan dan Kesiapsiagaan Nuklir (DKKN) menyelenggarakan Pertemuan Teknis Lembaga Pelatihan Ketenaganukliran dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) untuk menggali lebih banyak informasi terkait dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), Jakarta, 28 November 2022.

Agenda pada rapat tersebut adalah diskusi dan tukar pikiran seputar Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dan terkait dengan salah satu kegiatan yang ada di DKKN adalah melaksanakan sertifikasi kompetensi untuk personil uji kesesuaian yaitu Penguji Berkualifikasi dan Tenaga Ahli sesuai dengan Peraturan BAPETEN No.2 Tahun 2018. Selain itu dalam diskusi juga dibahas terkait dengan teknis penyusunan Standar Kompetensi Kerja Nasional (SKKNI). Acara ini dihadiri oleh Komisioner Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Koordinator Pengembangan Standar Kompetensi, Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kemenaker RI, Direktur Keteknikan dan Kesiapsiagaan Nuklir BAPETEN, Koordinator Kelompok Fungsi Jaminan Mutu-DKKN beserta staf, perwakilan dari unit kerja terkait DP2FRZR, Koordinator Kelompok Fungsi Perizinan Petugas Fasilitas Radiasi, dan Direktur Pengaturan Pengawasan Instalasi Dan Bahan Nuklir.

imgkonten

imgkonten

Komisioner Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), Bonardo Aldo Tobing dalam presentasinya menyampaikan pengertian dari pilar-pilar pendukung SDM yang kompeten, infrastruktur sistem sertifikasi kompetensi kerja nasional dan menjelaskan persyaratan dan alur lisensi yang harus dipenuhi calon LSP untuk melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja atas nama BNSP.

imgkonten

imgkonten

Dilanjutkan dengan Koordinator Pengembangan Standar Kompetensi, Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kemnaker RI, Muhammad Yasir menyampaikan presentasi mengenai pentingnya standarisasi dalam kompetensi dan erat kaitannya dengan kewenangan. Beliau juga menjelaskan strategi peningkatan kompetensi SDM serta sistem standarisasi kompetensi kerja nasional.

imgkonten

Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan ditutup dengan sesi foto bersama serta pemberian cindera mata kepada para narasumber sebagai bentuk penghargaan dari BAPETEN yang diberikan langsung oleh Direktur Keteknikan dan Kesiapsiagaan Nuklir, Zulkarnain. [DKKN/Esa/BHKK/OR]


Komentar (0)


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK