Banner BAPETEN
BAPETEN Menandatangani Nota Kesepahaman dengan Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) untuk Penguatan Pengawasan Ketenaganukliran di Bidang Energi
Kembali 09 November 2023 | Berita BAPETEN

Sejalan dengan Renstra BAPETEN 2020-2024 dalam rangka pengembangan sistem pengawasan dalam persiapan pembangunan PLTN, khususnya prototip small modular reactor (SMR) di Kalimantan Barat, BAPETEN berupaya untuk terus mengikuti perkembangan teknologi dalam menjalankan tugas dan fungsi pengawasan pemanfaatan tenaga nuklir di Indonesia. Berbagai kolaborasi dan kerja sama terus dilakukan dengan intansi pemerintah lain, salah satunya melalui kolaborasi dan kerja sama dengan mitra Badan Geologi KESDM, dengan ditandatanganinya Nota Kesepahaman berjudul Penyelidikan dan Pelayanan di Bidang Geologi dalam Pengawasan Pemanfaatan Tenaga Nuklir, pada Kamis (09/11) di Bandung.

Nota Kesepahaman ini ditandatangani oleh Sekretaris Utama BAPETEN, Sugeng Sumbarjo, dan Plt. Kepala Badan Geologi, Muhammad Wafid, dengan rencana implementasi kerja sama akan diwujudkan dalam jangka waktu lima tahun. Ruang lingkup kerja sama ini meliputi penyelidikan dan pelayanan di bidang geologi serta pengawasan pemanfaatan tenaga nuklir, pemanfaatan sarana dan prasarana, pertukaran data dan informasi, serta pemanfaatan dan peningkatan kemampuan SDM kedua pihak.

imgkonten imgkonten

Wafid berharap kerja sama ini dapat memberikan kemanfaatan bagi kedua belah pihak. “Kami sangat mendukung kerja sama antara BAPETEN dan Badan Geologi ini dengan memaksimalkan berbagai kemampuan yang dimiliki, ini merupakan upaya yang perlu ditingkatkan.” Wafid juga megungkapkan pengalaman Badan Geologi dalam pelaksanaan kajian calon tapak PLTN. “Di masa lalu, Badan Geologi memiliki pengalaman sebagai bagian dari tim yang membantu proses evaluasi dan kajian calon tapak PLTN di Muria, dari sisi geologi. Pengalaman di masa lalu ini menjadi bekal kami untuk dapat memaksimalkan potensi yang ada di Badan Geologi untuk membantu tusi dari BAPETEN”.

imgkonten imgkonten

Sugeng juga menyampaikan bahwa melalui kerja sama ini, BAPETEN dapat bersinergi dan memanfaatkan kapasitas dan sumber daya yang dimiliki Badan Geologi, terutama dalam kegiatan evaluasi calon tapak PLTN, sebagai prasyarat suatu PLTN bisa dibangun atau tidak di suatu lokasi. “Dengan memiliki peta geologi di seluruh Indonesia, tentunya BAPETEN akan dengan mudah menentukan apakah lokasi calon tapak sudah memenuhi syarat untuk pembangunan PLTN berdasarkan aspek 3S”. Secara jangka panjang, kerja sama ini juga dimaksudkan untuk menumbuhkan kemandirian BAPETEN dalam mendukung pengawasan terhadap pemanfaatan ketenaganukliran di bidang energi.

imgkonten imgkonten


Komentar (0)


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK