Banner BAPETEN
BAPETEN Gelar Rakor Dalam Rangka Kerja Sama Akademik dan Riset Bidang Fisika Proteksi Radiasi dan Instrumentasi Nuklir/Radiasi
Kembali 31 Agustus 2018 | Berita BAPETEN
dlm13-300x146.jpg

Pemanfaatan tenaga nuklir yang semakin berkembang akan berpotensi memberikan risiko radiologik kepada pekerja, masyarakat dan lingkungan. Pengembangan peralatan pemantauan radiasi lingkungan perlu diadakan untuk menjamin keselamatan terhadap pekerja, masyarakat dan lingkungan tersebut.  Peran serta Perguruan Tinggi  sangat dibutuhkan dalam mengembangkan peralatan pemantau radiasi lingkungan dengan mengoptimalkan sumber daya nasional.

Sehubungan dengan hal tersebut, Pusat Pengkajian Sistem dan Teknologi Pengawasan Fasilitas Radiasi dan Zat Radioaktif BAPETEN, bertempat di FMIPA UGM Yogyakarta Kamis, 30 Agustus 2018 melakukan kajian  ke Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika. Acara yang  dihadiri oleh Bapak Kepala BAPETEN, Prof. Dr. Jazi Eko Istiyanto, M.Sc, IPU, Deputi Bidang Pengkajian Keselamatan Nuklir, Dr. Eng. Yus Rusdian Akhmad, Kepala Bidang Pengkajian Industri dan Penelitian, Zalfy Hendry Eka Putra, MT dan staf  pengajar Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika.

imgkonten imgkonten

Dalam sambutannya,  Kepala BAPETEN menyampaikan bahwa kegiatan ini didasarkan pada kebutuhan BAPETEN untuk memasang sekitar 110  RDMS di stasiun BMKG, data tersebut juga diperlukan oleh BMKG sebagai pusat data nasional. Tujuan lain dari kegiatan ini, sebagaimana kita bisa men-trigger aktivitas perguruan tinggi, terutama UGM yang sudah melakukan MoU dengan BAPETEN dalam mendukung kegiatan tersebut.

imgkonten imgkonten

Selanjutnya Deputi Pengkajian Keselamata Nuklir juga menyampaikan bahwa  BAPETEN telah dimandatkan melakukan pengawasan tenaga nuklir, peran serta pihak perguruan tinggi dalam memberikan inputan kepada BAPETEN terkait pemutakhiran  proteksi radiasi saat ini masih belum memadai. Oleh karena itu, diperlukan kerja sama untuk meningkatkan peran serta perguruan tinggi tersebut, khususnya UGM.  Dalam acara ini juga disampaikan kajian real time data monitoring system oleh Kepala Bidang Pengkajian Industri dan Penelitian untuk memberikan gambaran peralatan RDMS dari Hunggaria yang telah diadakan oleh BAPETEN.

Melalui pengembangan peralatan pemantau radiasi lingkungan ini, diharapkan dapat meningkatkan peran serta perguruan tinggi dalam pengawasan pemanfaatan tenaga nuklir di Indonesia.(p2stpfrzr/af/rus)

Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png
mkananmenu_2024-05-15-171035.jpeg

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK