Banner BAPETEN
Verifikasi Lapangan Lembaga Pelatihan Ketenaganukliran Rumah Sakit Akademi Universitas Gadjah Mada Pada 26-28 November 2023
Kembali 28 November 2023 | Berita BAPETEN
small_thumb_2023-12-01-001024.jpeg

BAPETEN melalui Direktorat Keteknikan dan Kesiapsiagaan Nuklir (DKKN) melaksanakan verifikasi lapangan Lembaga Pelatihan Ketenaganukliran lingkup PPR Medik Tingkat 1 dan PPR Medik Tingkat 2, dalam rangka proses penunjukan Lembaga Pelatihan Ketenaganukliran terhadap Rumah Sakit Akademik UGM yang berlokasi di Jl. Kabupaten, Kranggahan I, Trihanggo, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 26-28 November 2023.

imgkontenimgkonten

Kegiatan ini adalah sebagai tindak lanjut dari berkas pengajuan penunjukan Lembaga Pelatihan Ketenaganukiran lingkup PPR Medik Tingkat 1 dan PPR Medik Tingkat 2, yang diajukan oleh Rumah Sakit Akademik UGM yang dinyatakan telah memenuhi persyaratan untuk dilakukan verifikasi Lapangan. Sesuai dengan amanat Peraturan Kepala Bapeten No. 1 Tahun 2022 bahwa penilaian terhadap Pelaku Usaha Ketenaganukliran dilakukan melalui kegiatan evaluasi dokumen dan verifikasi lapangan untuk memastikan persyaratan perizinan berusaha terpenuhi.

imgkonten imgkonten

Tim BAPETEN yang berkunjung ke Rumah Sakit Akademik UGM dipimpin oleh Rini Suryanti selaku Koordinator Kelompok Fungsi Jaminan Mutu BAPETEN sebagai Ketua Tim Verifikasi Lembaga Pelatihan Ketenaganukliran, di dampingi oleh Deddy Rusdiana, Edhy Kunto Wibowo dan Eko Sapto Aji sebagai anggota tim. Pada saat kunjungan tim BAPETEN disambut oleh manajemen Rumah Sakit Akademik UGM yang terdiri dari Direktur dan manajemen Rumah Sakit Akademik UGM, Perwakilan dari Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika Fakultas Teknik UGM dan beberapa tenaga pengajar dari BRIN serta perwakilan dari RS Sardjito. Direktur SDM dan Akademik Rumah Sakit Akademik UGM, Ika Purnamasari menyampaikan aspirasi dan harapan yang positif terhadap kedatangan tim dari DKKN-Bapeten terkait kegiatan Verifikasi Lembaga Pelatihan Ketenaganukliran. Ketua tim verifikasi, Rini Suryanti saat entry meeting menyampaikan tujuan verifikasi yaitu memastikan ketersediaan sarana dan prasarana, sumber daya manusia, kurikulum, modul dan bahan ajar serta dokumen sistem manajemen sesuai dengan dokumen yang diajukan pada permohonan dan sesuai dengan persyaratan.

imgkonten imgkonten

Setelah entry meeting dilanjutkan dengan verifikasi ke fasilitas yang digunakan nantinya untuk pelatihan sesuai permohonan Rumah Sakit Akademik UGM melalui Kerjasama atau MOU. Terdapat 2 instansi yang di verifikasi sesuai MOU dengan Rumah Sakit Akademik UGM terkait penggunaan fasilitas kelas, laboratorium, penggunaan sumber radiasi pengion dan zat radioaktif serta alat ukur radiasi, yaitu Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika UGM dan Departemen Radioterapi dan Kedokteran Nuklir RS Sardjito. Verifikasi juga dilakukan ke Departemen Radiologi RSA UGM dan fasilitas pendukung lainnya seperti sarana beribadah, lahan parkir dan perpustakaan. Setelah melakukan verifikasi lapangan ke fasilitas di atas, kegiatan verifikasi dilanjutkan dengan memeriksa dokumen terutama memastikan kembali legalitas termasuk legalitas kerjasama penggunaan sarana dan prasarana di 2 instansi terkait, memeriksa dokumen terkait sistem manajemen, struktur organisasi, sumber daya manusia, kurikulum, silabus, modul pelatihan dan bahan ajar.

imgkontenPada akhir kegiatan verifikasi, tim BAPETEN menyampaikan Berita Acara Pemeriksaan yang berisi temuan yang harus segera di tindak lanjuti oleh Rumah Sakit Akademik UGM pada exit meeting. Acara ditutup dengan penandatanganan Berita Acara Pemeriksaan oleh tim Verifikasi Lembaga Pelatihan Ketenaganukliran dan Penanggung Jawab calon Lembaga Pelatihan Rumah Sakit Akademik UGM. (Esa/dkkn/Ra/bhkk)



Komentar (0)


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2020-12-03-221220.jpg
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2023-03-15-153306.png

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK