Banner BAPETEN
Verifikasi Lapangan Lembaga Pelatihan Ketenaganukliran dan Lembaga Uji Kesesuaian PT. Akurasindo Setya Medika Surabaya
Kembali 28 Februari 2024 | Berita BAPETEN
small_thumb_2024-02-29-150516.jpg

BAPETEN melalui Direktorat Keteknikan dan Kesiapsiagaan Nuklir (DKKN) melaksanakan verifikasi lapangan Lembaga Pelatihan Ketenaganukliran dan Lembaga Uji Kesesuaian ke PT. Akurasindo Setya Medika Surabaya Jawa Timur. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 26 - 28 Februari 2024.

Kegiatan ini adalah sebagai tindak lanjut dari berkas pengajuan penambahan ruang lingkup Lembaga Uji Kesesuaian dan pengajuan baru untuk Lembaga Pelatihan Ketenaganukiran lingkup PPR Medik Tingkat 2, yang diajukan oleh PT. Akurasindo Setya Medika yang dinyatakan telah memenuhi persyaratan untuk dilakukan verifikasi lapangan. Sesuai dengan amanat Peraturan Kepala Bapeten No. 1 Tahun 2022 bahwa penilaian terhadap Pelaku Usaha Ketenaganukliran dilakukan melalui kegiatan evaluasi dokumen dan verifikasi lapangan untuk memastikan persyaratan perizinan berusaha terpenuhi.

imgkontenimgkonten

Tim Verifikasi BAPETEN dipimpin oleh Rini Suryanti selaku Ketua Tim Verifikasi Lembaga Pelatihan Ketenaganukliran, didampingi oleh Deddy Rusdiana, dan Eko Sapto Aji sebagai anggota tim serta Suryo Adi selaku ketua Tim Verifikasi Lembaga Uji Kesesuaian didampingi Irma Septi Ardiani selaku anggota tim.

Hari pertama verifikasi dilaksanakan dengan melaksanakan entry meeting yang dihadiri oleh manajemen PT. Akurasindo Setya Medika dan manajemen fasilitas yang akan bekerjasama untuk sarana pelatihan dan prasarana praktikum pelatihan ketenaganukliran. Ketua tim verifikasi, Rini Suryanti saat entry meeting menyampaikan tujuan kegiatan verifikasi yaitu memastikan ketersediaan sarana dan prasarana, sumber daya manusia, serta dokumen sistem manajemen sesuai dengan dokumen yang sesuai dengan persyaratan untuk Lembaga Pelatihan Ketenaganukliran dan Lembaga Uji Kesesuaian serta kurikulum, silabus, modul dan bahan ajar khusus untuk Lembaga Pelatihan Ketenaganukliran.

imgkonten

imgkonten

Setelah entry meeting dilanjutkan dengan verifikasi ke fasilitas yang digunakan nantinya untuk pelatihan sesuai permohonan PT. Akurasindo Setya Medika melalui Kerjasama terkait penggunaan fasilitas kelas, laboratorium, penggunaan sumber radiasi pengion dan zat radioaktif serta alat ukur radiasi. Verifikasi juga untuk menilai fasilitas pendukung lainnya seperti sarana beribadah, lahan parkir dan perpustakaan.

Pada hari kedua kegiatan verifikasi dilanjutkan dengan pemeriksaan dokumen di kantor PT. Akurasindo Setya Medika untuk memastikan kembali legalitas, termasuk legalitas kerjasama penggunaan sarana dan prasarana di instansi terkait, memeriksa dokumen terkait sistem manajemen, struktur organisasi, sumber daya manusia, kurikulum, silabus, modul pelatihan dan bahan ajar serta peralatan uji kesesuaian.

imgkonten

imgkonten

Pada akhir kegiatan verifikasi, tim BAPETEN menyampaikan Berita Acara Pemeriksaan yang berisi temuan yang harus segera di tindak lanjuti oleh PT. Akurasindo Setya Medika pada exit meeting. Acara ditutup dengan penandatanganan Berita Acara Pemeriksaan oleh tim Verifikasi Lembaga Pelatihan Ketenaganukliran dan Lembaga Uji Kesesuaian serta Penanggung Jawab calon Lembaga Pelatihan dan calon Lembaga Uji Kesesuaian PT. Akurasindo Setya Medika. [Ekosapto/DKKN/OR/BHKK]


Komentar (0)


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK