Banner BAPETEN
Verifikasi Izin Radioterapi di RSUD Dr. (H.C) Ir. Soekarno Babel dan Kedokteran Nuklir di RSUP Prof. Dr. R.D. Kandou Manado
Kembali 12 Februari 2024 | Berita BAPETEN
small_thumb_2024-02-12-135116.jpg

Inspeksi verifikasi di Fasilitas Radioterapi dan Kedokteran Nuklir dan Radioterapi bertujuan memastikan bahwa perhitungan desain bangunan gedung penahan radiasi, peralatan utama, peralatan pendukung, sumber daya manusia, dan prosedur telah memenuhi persyaratan keselamatan radiasi dan aman bagi keselamatan pekerja, pasien, masyarakat dan lingkungan. Untuk itu, Direktorat Perizinan dan Zat Radioaktif (DPFRZR) BAPETEN melakukan kegiatan Verifikasi Izin Operasi Fasilitas Radioterapi di RSUD Dr. (H.C) Ir. Soekarno Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dan Izin Fasilitas Kedokteran Nuklir di RSUP Prof. Dr. R.D. Kandou Manado, Provinsi Sulawesi Utara, secara paralel, pada tanggal 4 – 8 Februari 2024.

Tim Inspeksi yang diketuai Direktur DPFRZR BAPETEN Ishak, dengan anggota Pengawas Radiasi BAPETEN Ahmad Maulana, Sulistiyoningsih dan Batara Panjiweda Nisditya Pramana melakukan verifikasi di RSUD Dr. (H.C) Ir. Soekarno Babel, untuk Fasilitas Radioterapi dengan modalitas pesawat Linac Varian tipe Vitalbeam 2.7.

imgkontenimgkonten

Sedangkan Tim Inspeksi verifikasi yang diketuai oleh Koordinator Kelompok Perizinan Fasilitas Kesehatan BAPETEN Iin Indartati dengan anggota Pengawas Radiasi BAPETEN Wahyu Ramdhan, Maradi Abdillah, Toni Wahyu Pamungkas dan Lilis Misnawati, melakukan verifikasi untuk Fasilitas Kedokteran Nuklir Diagnostik In Vivo dan Terapi di Instalasi Radiologi Unit Pelayanan Kedokteran Nuklir dan Teranostik dan Molekuler RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado dengan modalitas pesawat SPECT CT merk Siemens Symbia Intevo 6 serta Terapi diberikan untuk penggunaan radionuklida I-131 dan Sm-153.

Lingkup pemeriksaan secara on site, meliputi pemeriksaan dokumen dan teknis kesesuaian desain fasilitas terbangun dan kecukupan tebal penahan radiasi pada bunker radioterapi dan fasilitas Kedokteran Nuklir, memastikan unjuk kerja peralatan utama dan peralatan pendukung, melakukan pengukuran paparan radiasi dan pengujian dosimetri serta memastikan alur pasien dan kemampuan personel dalam mengoperasikan pesawat Linac, spec CT sesuai standar, serta pemeriksaan peralatan proteksi dan keamanan sumber radioaktif.

imgkontenimgkonten

Dari hasil verifikasi, pihak Rumah Sakit berkomitmen untuk melengkapi temuan-temuan yang disampaikan oleh tim BAPETEN dalam batas waktu tertentu. Kelancaran kegiatan verifikasi didukung oleh pihak Rumah Sakit yang mengikuti dan menyambut baik jalannya kegiatan hingga akhir, adanya kekurangan dianggap sebagai masukan dan saran teknis terhadap pemenuhan keselamatan radiasi sesuai Peraturan dan standar yang berlaku.

Pada kesempatan itu, Direktur RSUD Soekarno Babel, dr. Ira Ajeng Astried menyampaikan, “Sebagai Rumah Sakit Tipe B yang menjadi rujukan tertinggi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, verifikasi izin radioterapi ini sangat dinantikan oleh RSUD Soekarno Babel. Radioterapi merupakan tonggak penanganan atau pengobatan penyakit kanker dan menjadi layanan yang sangat dibutuhkan serta menjadi salah satu langkah kunci dalam penanganan penyakit kanker. kami sangat berharap penambahan modalitas radioterapi akan meningkatkan layanan kesehatan, sehingga akses kesehatan di Babel lebih mudah dan tentu lebih terjangkau,”.

Sedangkan Direktur Utama RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Ivonne Rotty, menyatakan, "Kami sangat berterima kasih dan apresiasi atas upaya serta dedikasi Tim Verifikasi dari BAPETEN. Ini membantu Kami untuk terus meningkatkan dan memastikan bahwa RS Kandou memberikan pelayanan kesehatan terbaik untuk pasien Kami. RS Kandou terus berkomitmen bahwa semua fasilitas dan peralatan medis mematuhi standar tertinggi.”

"Kami akan terus berusaha untuk memberikan kepercayaan kepada masyarakat bahwa RS Kandou adalah pilihan utama bagi pasien yang mencari pelayanan kesehatan dengan memiliki peralatan kesehatan serta sarana prasarana berkualitas dan memenuhi standar operasional yang berizin." Tambahnya. [DPFRZR/Dwiangesti/BHKK/SP]

imgkontenimgkonten


Komentar (0)


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2020-12-03-221220.jpg
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2023-03-15-153306.png

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK