Banner BAPETEN
Verifikasi Izin Produksi Pesawat Sinar-X di Fasilitas Manufaktur PT. Forsta Kalmedic Global
Kembali 24 November 2023 | Berita BAPETEN
small_thumb_2023-11-28-095200.jpg

Direktorat Perizinan Fasilitas Radiasi dan Zat Radioaktif BAPETEN melakukan kegiatan Verifikasi Izin Produksi Pembangkit Radiasi Pengion di Fasilitas Manufaktur Alat Kesehatan dan Diagnostik PT Forsta Kalmedic Global, Pulogadung, Jakarta Timur pada tanggal 22-24 November 2023.

Inspeksi verifikasi ini bertujuan memastikan bahwa kesesuaian bangunan gedung mampu menahan radiasi sinar-X di ruang pengujian, pemeriksaan perlengkapan proteksi radiasi, pemeriksaan Alat Ukur Radias (AUR) dan peralatan penunjang, sumber daya manusia, dan prosedur telah memenuhi persyaratan keselamatan radiasi dan aman bagi keselamatan pekerja, masyarakat dan lingkungan.

imgkonten imgkonten

Tim Inspeksi yang diketuai oleh Koordinator Kelompok Perizinan Fasilitas Kesehatan-BAPETEN Iin Indartati dengan anggota Made Pramayuni, Yaya Umaya dan Dyah Palupi melakukan pemeriksaan terhadap produksi pesawat sinar-X jenis mobile di Fasilitas Manufaktur yang berlokasi di Gedung Kalbe Business Innovation Centre milik PT. Forsta Kalmedic Global.

Lingkup pemeriksaan secara onsite meliputi pemeriksaan dokumen dan teknis kesesuaian desain fasilitas terbangun dan kecukupan tebal penahan radiasi pada fasilitas ruangan produksi pembangkit radiasi pengion, pemeriksaan personel dan sarana prasarana perlengkapan proteksi radiasi dan AUR, praktik pengujian alur produksi pembangkit radiasi pengion, simulasi instalasi pesawat sinar-X, simulasi acceptance test dan simulasi pengukuran paparan.

imgkonten imgkonten imgkonten

Dari hasil verifikasi pihak PT. Forsta Kalmedic Global berkomitmen untuk melengkapi temuan-temuan yang disampaikan oleh tim BAPETEN dalam batas waktu tertentu. Kelancaran kegiatan verifikasi didukung oleh pihak Manufaktur yang mengikuti dan menyambut baik jalannya kegiatan hingga akhir. Adanya kekurangan dianggap sebagai masukan dan saran teknis terhadap pemenuhan keselamatan radiasi sesuai Peraturan dan standar yang berlaku.

Forsta berharap dengan terbitnya izin produksi pembangkit radiasi pengion untuk pesawat sinar-X jenis mobile dapat menjawab tantangan dalam peningkatan kemandirian nasional alat kesehatan Indonesia serta menjadi manufaktur alat kesehatan dan diagnostik lokal dengan dampak global, dengan tetap memastikan seluruh sistem, prosedur dan infrastruktur yang dibangun memenuhi standar lokal dan global. [DPFRZR/Dwiangesti/BHKK/Bams].



Komentar (0)


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2020-12-03-221220.jpg
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2023-03-15-153306.png

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK