Banner BAPETEN
Verifikasi Izin Kedokteran Nuklir di RSUD Bali Mandara Denpasar dan Izin Radioterapi di RS Pelni Jakarta
Kembali 11 Agustus 2023 | Berita BAPETEN
small_thumb_2023-08-15-095044.png

Direktorat Perizinan Fasilitas Radiasi dan Zat Radioaktif (DPFRZR) BAPETEN melakukan kegiatan Verifikasi Izin Operasi Fasilitas Kedokteran Nuklir di RSUD Bali Mandara Denpasar dan Verifikasi Izin Operasi Fasilitas Radioterapi di RS Pelni Jakarta secara pararel pada tanggal 8 – 11 Agustus 2023. Inspeksi verifikasi di Fasilitas Kedokteran Nuklir dan Radioterapi bertujuan memastikan bahwa perhitungan desain bangunan gedung penahan radiasi, peralatan utama, peralatan pendukung, sumber daya manusia, dan prosedur telah memenuhi persyaratan keselamatan radiasi dan aman bagi keselamatan pekerja, pasien, masyarakat dan lingkungan.

Tim Inspeksi diketuai Direktur DPFRZR Ishak dengan anggota Syaifulloh, Toni Wahyu Pamungkas dan Lilis Misnawati melakukan verifikasi di RSUD Bali Mandara kota Denpasar untuk Fasilitas Kedokteran Nuklir Teranostik Molekular dengan modalitas pesawat SPECT CT NM/CT 870 DR serta terapi diberikan untuk penggunaan radionuklida I-131 dan Sm-153. Sedangkan Tim Inspeksi Verifikasi Izin Radioterapi untuk modalitas pesawat Linac Varian tipe VitalBeam 3.x di RS Pelni Kota Jakarta, diketuai oleh Koordinator Kelompok Perizinan Fasilitas Kesehatan Iin Indartati dengan anggota Made Pramayuni, Sulistiyoningsih dan Dewi Lelyana Maharani.

imgkonten imgkonten

Lingkup pemeriksaan pada saat onsite meliputi pemeriksaan dokumen dan teknis kesesuaian desain fasilitas terbangun, kecukupan tebal penahan radiasi pada bunker radioterapi dan fasilitas Kedokteran Nuklir, unjuk kerja peralatan utama dan peralatan pendukung, pengukuran paparan radiasi dan pengujian dosimetri serta memastikan alur pasien dan kemampuan personel dalam mengoperasikan pesawat Linac, SPEC CT, serta pemeriksaan peralatan proteksi dan keamanan sumber radioaktif unjuk kerja sistem keamanan sumber radioaktif.

imgkonten imgkonten imgkonten

Dari hasil verifikasi pihak RS berkomitmen untuk melengkapi temuan-temuan yang disampaikan oleh tim BAPETEN dalam batas waktu tertentu. Kelancaran kegiatan verifikasi didukung oleh pihak RS yang mengikuti dan menyambut baik jalannya kegiatan hingga akhir, adanya kekurangan dianggap sebagai masukan dan saran teknis terhadap pemenuhan keselamatan radiasi sesuai peraturan dan standar yang berlaku.

imgkonten imgkonten imgkonten

Rencana beroperasinya Fasilitas Kedokteran Nuklir dan Teranostik Molukuler nantinya akan membuat RSUD Bali Mandara menjadi satu-satunya rumah sakit rujukan bagi pasien untuk Indonesia Wilayah Timur sehingga pengobatan kepada masyarakat Indonesia di wilayah Timur dapat dilakukan secara optimal. Sedangkan bagi RS Pelni, sebagai salah satu rumah sakit milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang tergabung dalam Indonesia Healthcare Corporation (IHC) senantiasa berupaya menghadirkan pelayanan berkualitas tinggi dan terbaik yang mampu melayani pasien.

imgkonten imgkonten

Layanan Oncology Center (Cancer Center) merupakan salah satu layanan unggulan di RS Pelni. RS Pelni telah menyiapkan beberapa unit pesawat Linac dan Brakhiterapi serta tenaga ahli onkologi mulai dari bedah onkologi, ortopedi onkologi, ginekologi onkologi, adanya fasilitas baru nantinya yaitu radioterapi, diharapkan pelayanannya akan meningkat untuk layanan onkologi center.

[DPFRZR/Dwiangesti/BHKK/Da]


Komentar (0)


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png
mkananmenu_2024-05-15-171035.jpeg

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK