Banner BAPETEN
Verifikasi Izin Kedokteran Nuklir di RS Kanker Dharmais dan RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita di Jakarta
Kembali 30 Mei 2023 | Berita BAPETEN
small_thumb_2023-05-30-161809.jpg

BAPETEN melalui Direktorat Perizinan dan Zat Radioaktif melakukan kegiatan Verifikasi Persetujuan Hasil Modifikasi untuk penambahan modalitas pesawat SPECT di RS Kanker Dharmais Jakarta pada tanggal 22-24 Mei 2023 dan Verifikasi Izin Operasi Kedokteran Nuklir Diagnostik In Vivo dengan modalitas SPECT di RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta pada tanggal 25-27 Mei 2023. Kegiatan Verifikasi di Fasilitas Kedokteran Nuklir ini bertujuan untuk memastikan bahwa penambahan modalitas maupun permohonan izin operasi dalam kegiatan Kedokteran Nuklir dinyatakan aman bagi keselamatan pekerja, pasien, masyarakat dan lingkungan. Tim Veriifikasi memastikan bahwa desain yang terbangun telah sesuai standar keselamatan melaui perhitungan desain bangunan penahan radiasi dan memastikan bahwa peralatan utama, peralatan pendukung, sumber daya manusia, serta prosedur operasi untuk kegiatan tersebut telah memenuhi persyaratan keselamatan radiasi dan keamanan sumber radioaktif.

imgkonten imgkonten

Tim Inspeksi yang diketuai Koordinator Kelompok Fungsi Perizinan Fasilitas Kesehatan-BAPETEN Iin Indartati bertindak selaku Ketua Tim Inspektur dengan anggota Sulistiyoningsih, Yaya Umaya dan Lilis Misnawati melakukan verifikasi di Fasilitas Kedokteran Nuklir RS Kanker Dharmais untuk penambahan modalitas pesawat SPECT merk GE NM/CT 870 DR. Dan dilanjutkan oleh Tim Inspeksi Verifikasi RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita yang diketuaioleh Iin Indartati dengan anggota Herry Irawan, Maradi Abdillah, Naufal Alif Syarifuddin dan Novriman Livia, dengan modalitas pesawat SPECT merk Siemens Symbia Evo.

imgkonten imgkonten imgkonten

Lingkup pemeriksaan secara onsite meliputi pemeriksaan dokumen teknis terkait peralatan utama dan peralatan penunjang, kesesuaian desain fasilitas terbangun (as bult design), ketersediaan ruangan utilitas untuk layanan kedokteran nuklir, kecukupan tebal penahan radiasi pada ruangan penyinaran SPECT sesuai dengan Persetujuan Modifikasinya dan Izin Konstruksi. Dalam kegiatan verifikasi persetujuan hasil modifikasi dan izin operasi Fasilitas Kedokteran Nuklir dilakukan pemeriksaan antara as built drawing dengan pengajuan persetujuan modifikasi dan izin kontruksinya serta ketersediaan ruangan pendukung untuk layanan Kedokteran Nuklir Diagnostik in vivo menggunakan SPECT, memastikan acceptance test dan commisioning test untuk kedua modalitas telah dilaksanakan dan pengukuran paparan radiasi di ruangan pengendalian dan ruangan supervisi telah sesuai.

imgkonten imgkonten imgkonten

Dalam pertemuan Exit Meeting dengan pihak Manajemen, Rumah Sakit berkomitmen untuk menindaklanjuti dan melengkapi temuan-temuan yang disampaikan oleh tim BAPETEN dalam kurun waktu tertentu. Kelancaran kegiatan verifikasi didukung oleh pihak Rumah Sakit yang mengikuti dan menyambut baik jalannya kegiatan hingga akhir, adanya kekurangan dianggap sebagai masukkan dan saran teknis terhadap pemenuhan keselamatan radiasi sesuai Peraturan Perundangan dan standar keselamatan radiasi yang berlaku. Sebagai rumah sakit pusat rujukan nasional kanker dengan adanya penambahan modalitas pesawat baru untuk layanan Kedokteran Nuklir di RS Kanker Dharmais diharapkan dapat meningkatkan pelayanan terhadap pasien kanker, sejalan dengan visi yaitu "Menjadi Caring & Smart National Cancer Center".

imgkonten imgkonten imgkonten

Dan bagi RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita sebagai Pusat Jantung Nasional dengan adanya Fasilitas Kedokteran Nuklir dapat dilakukan pemeriksaan nuklir atau tes stress nuklir yaitu pemeriksaan untuk menilai fungsi jantung dengan melihat aliran darah jantung ketika seseorang melakukan aktivitas. Dengan demikian adanya modalitas peralatan kedokteran nuklir dapat meningkatkan layanan unggulan yang sejalan dengan visi “Menjadi Pusat Kardiovaskular Berkualitas Setara Asia”.

[DPFRZR/Dwiangesti/BHKK/CD]


Komentar (0)


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK