Banner BAPETEN
Sosialisasi Pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Personil Uji Kesesuaian Pesawat Sinar-X Tahun 2024 dan Perkenalan Sekaligus Uji Coba Modul Ujian Tertulis Sertifikasi Kompetensi Personil Uji Kesesuaian Pesawat Sinar-X dengan Sistem CAT di Balis Pekerja
Kembali 23 Februari 2024 | Berita BAPETEN
small_thumb_2024-02-26-102814.png

Direktorat Keteknikan dan Kesiapsiagaan Nuklir (DKKN) BAPETEN melakukan Sosialisasi pelaksanaan Sertifikasi Kompetensi Personel Uji Kesesuaian Pesawat Sinar-X dan Perkenalan sekaligus uji coba modul ujian tertulis Sertifikasi Kompetensi Personel Uji Kesesuaian Pesawat Sinar-X dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) di Balis Pekerja pada 23 Februari 2024, di Jakarta.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu dalam pelayanan sertifikasi kompetensi personel uji kesesuaian pesawat sinar-x DKKN BAPETEN sehingga bisa menjaga standar dan tahapannya sesuai amanat Peraturan BAPETEN No.2 Tahun 2022 dan Peraturan BAPETEN No.2 Tahun 2018.

imgkonten imgkonten

Hadir dalam kegiatan ini Plh. Direktur DKKN Agus Yudhi, Koordinator Kelompok Fungsi Jaminan Mutu (KFJM) Rini Suryanti, Perwakilan dari BPIK dan BDL BAPETEN serta perwakilan dari Lembaga Uji Ketenaganukliran yang hadir sebanyak 7 orang secara luring dan 35 orang secara daring.

Acara dimulai oleh Koordinator KFJM Rini Suryanti yang memberikan laporan terkait pengembangan infrastruktur uji kompetensi personel uji kesesuaian pesawat sinar-x dan pengembangan mekanisme penggunaan aplikasi yang mengikuti perubahan peraturan perundangan terbaru termasuk target untuk mendapatkan sertifikasi ISO 17024 pada tahun ini dengan objek sertifikasi kompetensi personel uji kesesuaian pesawat sinar-x.

imgkonten imgkonten

Selanjutnya, pertemuan dibuka dengan arahan dari Plh. Direktur DKKN Agus Yudhi yang menyampaikan bahwa penggunaan modul CAT dalam pelaksanaan uji kompetensi memang sudah menjadi keharusan, sehingga dengan penggunaan sistem ini diharapkan kualitas pengawasan dan pelayanan bisa terus terjaga dan lebih optimal.

Berlanjut pada sesi berikutnya yaitu sesi sosialisasi hasil sertifikasi kompetensi personil uji kesesuaian Tahun 2023 dan penyampaian informasi kegiatan sertifikat kompetensi personil uji kesesuaian tahun 2024. Kemudian, dilakukan sesi perkenalan dan uji coba penggunaan aplikasi CAT pada aplikasi Balis Pekerja. Pada sesi ini, diperoleh banyak masukan terkait penggunaan sistem CAT pada aplikasi Balis Pekerja. Semua masukan untuk perbaikan sistem CAT dari peserta kegiatan akan ditindaklanjuti oleh KFJM dan BPIK sehingga sistem ini diharapkan dapat digunakan sesuai target.

imgkonten imgkonten

imgkonten

Pertemuan ditutup oleh Rini Suryanti yang memberikan apresiasi tinggi terhadap peserta kegiatan yang telah memberikan kontribusi tenaga dan pikiran dalam rangka pengembangan sistem ini sehingga pada tahun 2024 diharapkan kualitas uji kompetensi personel uji kesesuaian dapat dilaksanakan secara optimal dan sesuai target yang ditentukan yaitu sistem CAT akan digunakan perdana untuk ujian sertifikasi kompetensi personil uji kesesuaian periode pertama yaitu bulan Maret 2024.

[DKKN/Ekosapto/BHKK/Da]


Komentar (0)


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK