Banner BAPETEN
Seminar Keselamatan Nuklir 2021
Kembali 04 Agustus 2021 | Berita BAPETEN
small_thumb_2021-08-04-134413.png

Seminar Keselamatan Nuklir (SKN) merupakan agenda tahunan BAPETEN yang diselenggarakan untuk menjadi forum ilmiah antara pihak pengawas, pengguna, pakar, dan masyarakat, melalui pertukaran informasi, pengetahuan, pengalaman, dan opini untuk peningkatan keselamatan dan keamanan dalam pemanfaatan tenaga nuklir di Indonesia. SKN diselenggarakan sekaligus untuk memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional pada 10 Agustus.

Tahun ini, SKN terselenggara atas kerja sama BAPETEN dengan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam – Institut Teknologi Bandung (FMIPA-ITB), mengusung tema “Peningkatan Efektivitas Pengawasan Ketenaganukliran di Era Pandemi” dan dilaksanakan secara daring pada Rabu (04/08).

Acara diawali dengan laporan Kepala P2STPFRZR Taruniyati Handayani selaku Ketua Panitia, yang mengatakan bahwa SKN menjadi bagian dari misi BAPETEN untuk mensosialisasikan keselamatan dan keamanan nuklir, khususnya dalam pengawasan tenaga nuklir. Taruniyati juga menambahkan, “Telah terpilih 65 makalah dengan 36 makalah disajikan secara oral dan 29 makalah disajikan secara short presentation”.

imgkonten

“Kami mengharapkan banyak sumbangan ide dan gagasan dari peserta seminar melalui makalah yang disampaikain untuk data berkreasi dan berinovasi dalam menghadapi tantangan pandemi COVID-19,” lanjut Taruniyati.

Selanjutnya, Rektor ITB Reini Wirahadikusumah menyampaikan sambutan yang mengungkapkan bahwa ITB merupakan perguruan tinggi yang sangat concern terhadap pengembangan ilmu nuklir, sehingga ITB dan BAPETEN tentunya dapat semakin erat bekerja sama. Reini menambahkan, SKN ini menjadi bukti kerja sama antara BAPETEN dan ITB dan diharapkan dapat terus berlangsung.

imgkonten

SKN 2021 secara resmi dubuka oleh Kepala BAPETEN Jazi Eko Istiyanto. Dalam sambutannya, Jazi mengatakan bahwa seluruh kegiatan pengawasan ketenaganukliran oleh BAPETEN dilakukan dengan mempertimbangkan dan mengadaptasi situasi pandemi Covid-19, melalui inovasi teknologi informasi dan komunikasi atau TIK. “Penyelenggaraan SKN ini merupakan bentuk komitmen kita dalam inovasi infrastruktur pada masa pandemi covid 19, sekaligus dalam rangka menyambut Harteknas 2021” ujarnya

Lebih lanjut, Jazi berharap agar didapatkan solusi terbaik dari makalah yang dipresentasikan oleh pemakalah, agar pengawasan di masa pandemi COVID-19 ini tetap dapat berjalan dengan efektif, sehingga seluruh kegiatan pemanfaatan tenaga nuklir tetap dapat mengikuti prinsip proteksi dan keselamatan radiasi, serta kesehatan dan perlindungan bagi pekerja radiasi, masyarakat, dan lingkungan dapat terjamin.

imgkonten

SKN 2021 turut mengundang Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sebagai pembicara tamu kehormatan. Budi Gunadi yang tidak bisa hadir langsung dalam rapat zoom menyampaikan video sambutannya. Ia mengatakan bahwa pemanfaatan teknologi radiasi nuklir semakin meningkat digunakan di masa pandemi ini. Diagnosa awal dan lanjutan dengan modalitas radiologi merupakan salah satu penunjang pemeriksaan covid-19. “Dengan meningkatnya penggunaan modalitas peralatan radiologi, maka aspek keamanan, keselamatan dan keandalan alat harus terjamin. Terkait hal ini, pengawasan yang dilakukan oleh BAPETEN selaku pengawas dalam pemanfaatan peralatan radiasi pengion sangatlah penting” ujar Budi Gunadi dalam video tersebut.

imgkonten

Acara yang diikuti tidak kurang dari 350 orang peserta melalui aplikasi zoom dan disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube BAPETEN ini diisi dengan berbagai presentasi dari beberapa nara sumber terpilih yakni dari ITB dan IAEA (International Atomic Energy Agency).

Prof. Zaki Su’ud dari ITB mempresentasikan tentang Contribution of Nuclear Science and Technology during the Pandemic, the Effect of Pandemic on Nuclear Research atau Kontribusi Iptek Nuklir selama Pandemi dan Pengaruhnya Pandemi pada Riset Nuklir. Sedangkan Ronald Pacheco Jimenez sebagai pembicara tamu dari IAEA presentasi tentang Impact of COVID-19 Pandemic on the Regulatory Activities for theSafety of Radiation Sources.

imgkonten

SKN 2021 berlangsung hingga sore. Ada sidang palarel yang mempresentasikan beberapa makalah (short presentation) dari internal maupun ekternal BAPETEN. Pada akhir acara Dekan FMIPA ITB Prof Wahyu Srigutomo menyampaikan rasa hormat dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kepercayaan dan kerja sama yang baik dalam penyelenggaraan SKN 2021. "Terima kasih kami ucapkan atas kepercayaan yang diberikan, semoga kerja sama ini terus berlanjut dan tindak lanjut dari SKN ini dapat dilaksanakan dengan baik. Dan sekitar pukul 17.00 sore acara ditutup oleh Deputi Bidang Pengkajian Keselamatan Nuklir Dahlia C. Sinaga, [BHKK/IP/Bams]

imgkonten

imgkonten


Bagi yang ingin materi presentasi bisa unduh dari link ini: https://bit.ly/presentasi_Pleno_SKN2021

Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png
mkananmenu_2024-05-15-171035.jpeg

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK