Banner BAPETEN
Penjajakan Calon Lembaga Uji Kesesuaian Universitas Aisyiyah Yogyakarta
Kembali 30 November 2023 | Berita BAPETEN
small_thumb_2023-11-30-085055.png

Direktorat Keteknikan dan Kesiapsiagaan Nuklir (DKKN) BAPETEN melaksanakan kegiatan penjajakan calon Lembaga Uji Kesesuaian di Universitas Aisyiyah Yogyakarta, pada tanggal 27 November 2023. Saat ini ketersediaan Lembaga Uji Kesesuaian di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) hanya ada 1 lembaga, sedangkan di DIY sendiri terdapat lebih dari 100 instansi pemanfaat dengan lebih dari 400 buah pesawat Sinar-X Radiologi Diagnostik dan Intervensional. Untuk itu, BAPETEN melakukan penjajakan yang bertujuan untuk menambah terbentuknya Lembaga Uji Kesesuaian di Indonesia khususnya, di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Universitas Aisyiyah Yogyakarta, Prodi D3 Radiologi, Fasilitas Ilmu Kesehatan dipilih, karena telah memiliki peralatan kendali mutu pesawat sinar-X radiologi diagnostik dan intervensional. Melalui penjajakan ini diharapkan dapat memberikan gambaran dan inisiasi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Aisyiyah Yogyakarta untuk berkontribusi menjadi Lembaga Uji Kesesuaian Pesawat Sinar-X Radiologi Diagnostik dan Intervensional.

Tim BAPETEN yang berkunjung ke Universitas Aisyiyah Yogyakarta, dipimpin oleh Pelaksana Proses Penunjukan Lembaga Uji Ketenaganukliran BAPETEN Suryo Adi Ari Santosa dengan anggota Pengawas Radiasi BAPETEN Joni S. Kadir, Diah Astuti Indarwati, Alimuddin, A.A.A. Sari Trisna Citta, dan Irma Septi Ardiani.

imgkontenimgkonten

Kegiatan penjajakan disambut positif oleh Wakil Dekan I Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Aisyiyah Yogyakarta Ismarwati, dalam sambutannya menyampaikan “Universitas Aisyiyah Yogyakarta sangat terbuka untuk membentuk Lembaga Uji Kesesuaian, sehingga diharapkan dengan kegiatan ini dapat diperoleh informasi yang diperlukan untuk penunjukan Lembaga Uji Kesesuaian tersebut.”

Sambutan dilanjutkan dengan pemaparan tentang “Profil Prodi D3 Radiologi” oleh Ketua Prodi D3 Radiologi, Widya Mufida, pemaparan tentang “Sarana dan Prasarana Praktikum Prodi D3 Radiologi oleh Koordinator Laboratorium dan Ukom Anisa Nur Istiqomah.

Dalam kegiatan ini, BAPETEN menyampaikan beberapa pemaparan yakni terkait pemanfaatan tenaga nuklir, mekanisme dan tatacara penunjukan Lembaga Uji Kesesuaian, hingga terkait sertifikasi kompetensi personil uji kesesuaian dan penerbitan sertifikat uji kesesuaian.

imgkontenimgkonten

Setelah sesi pemaparan dan diskusi, dilanjutkan dengan kunjungan terhadap sarana dan prasarana untuk menilai sejauh mana laboratorium dan peralatan yang dimiliki dapat menunjang pelaksanaan kegiatan Lembaga Uji Kesesuaian. Peralatan tersebut terdapat pada Laboratorium Radiologi yang terletak di Lantai 1 Gedung Siti Walidah.

Pada akhir kunjungan, Tim BAPETEN menyampaikan kesimpulan bahwa Universitas Aisyiyah Yogyakarta telah memiliki peralatan yang memadai untuk menjadi Lembaga Uji Kesesuaian, khususnya sub lingkup Radiografi Umum. Diharapkan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta dapat segera memenuhi persyaratan SDM dengan mengikutsertakan personilnya pada Pelatihan Uji Kesesuaian sebagai syarat mengikuti sertifikasi kompetensi, dan secara paralel memenuhi persyaratan lainnya mengacu pada Peraturan BAPETEN Nomor 3 Tahun 2021 sehingga dapat mengajukan penunjukan Lembaga Uji Kesesuaian ke BAPETEN. [DKKN/IrmaSeptiArdiani/BHKK/SP]

imgkontenimgkonten


Komentar (0)


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2020-12-03-221220.jpg
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2023-03-15-153306.png

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK