Banner BAPETEN
Pengujian dan Sertifikasi Kompetensi Penguji Berkualifikasi yang handal melalui Bimbingan Teknis Lembaga Pelatihan Ketenaganukliran terkait Metode Uji Kesesuaian Pesawat Sinar-X lingkup Fluoroskopi
Kembali 18 Oktober 2022 | Berita BAPETEN
small_thumb_2022-10-20-143841.png

Direktorat Keteknikan dan Kesiapsiagaan Nuklir (DKKN) BAPETEN mengadakan Bimbingan Teknis Lembaga Pelatihan Ketenaganukliran terkait Metode Uji Kesesuaian Pesawat Sinar-X Lingkup Fluoroskopi pada 17-18 Oktober 2022. Acara ini dilakukan guna menindaklanjuti hasil evaluasi dari pengujian Sertifikasi Kompetensi Penguji Berkualifikasi yang masih belum sesuai harapan khususnya pada lingkup Fluoroskopi.

Lembaga Pelatihan kali ini merupakan lembaga pelatihan lingkup personil penguji pesawat sinar-x Radiologi Diagnostik dan Intervensional diantaranya CMPB LST FMIPA UI dan BPTC UNDIP. Selain itu, hadir juga Tenaga Ahli atau Penguji Sekretariat dan perwakilan dari Balai Diklat BAPETEN.

imgkonten imgkonten

Pada hari pertama kegiatan diadakan secara daring yang diawali oleh pembukaan dari Direktur DKKN Zulkarnain yang menyampaikan latar belakang serta tujuan dari kegiatan ini. Kemudian dilanjutkan dengan pengantar rujukan peraturan dan kebijakan oleh Koordinator Kelompok Fungsi Jaminan Mutu BAPETEN, pemaparan metode uji dari Lembaga Pelatihan serta penjelasan terkait Pesawat Sinar-X yang akan digunakan untuk praktik di hari kedua oleh RS MRCCC Siloam Hospital Semanggi.

imgkonten imgkonten

Pada hari kedua dilakukan praktik metode pengujian Pesawat Sinar-X Fluoroskopi di RS MRCCC Siloam Hospital Semanggi. Pada kegiatan ini, pengajar dari BPTC UNDIP dan CMPB LST FMIPA UI memperagakan metode yang biasa diajarkan kepada peserta pelatihan. Pesawat yang digunakan pada praktik ini adalah Pesawat Sinar-X Fluoroskopi Angiografi. Sepanjang kegiatan praktik ini para peserta diajarkan metode pengoperasian dan cara analisis data pesawat tersebut.

imgkonten imgkonten

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini bisa tercapai persamaan persepsi antara pengajar Lembaga Pelatihan Ketenaganukliran dan Penguji BAPETEN terhadap metode uji kesesuaian Pesawat Sinar-X lingkup Fluoroskopi dalam rangka menghasilkan Penguji Berkualifikasi dengan standar kompetensi yang sama dan handal. (DKKN/ISA/BHKK/Da)


Komentar (0)


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK