Banner BAPETEN
Penandatanganan Nota Kesepahaman antara BAPETEN dan USNRC (The United States Nuclear Regulatory Commission)
Kembali 24 September 2021 | Berita BAPETEN
small_thumb_2021-09-24-083132.jpeg

Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) dan Badan Pengawas Amerika Serikat (USNRC - The United States Nuclear Regulatory Commission) sepakat untuk memperpanjang kerja sama di antara kedua badan pengawas, yang ditandai dengan ditandatanganinya Nota Kesepahaman yang berjudul adalah “Pengaturan antara Badan Pengawas Tenaga Nuklir Republik Indonesia dan Komisi Pengawas Nuklir Amerika Serikat Untuk Pertukaran Informasi Teknis dan Kerja Sama Dalam Bidang Keselamatan Nuklir dan Radiasi (Arrangement Between The Nuclear Energy Regulatory Agency of The Republic of Indonesia and The United States Nuclear Regulatory Commission for The Exchange of Technical Information and Cooperation In Nuclear And Radiation Safety Matters)”.

Seremoni penandatanganan dilaksanakan di sela-sela kegiatan sidang umum IAEA ke-65 di Wina, Austria, pada tanggal 23 September 2021 dan akan berlaku 5 (lima) tahun sejak ditandatangani. Penandatanganan naskah kerja sama dilakukan oleh Duta Besar LBBP dan Wakil Tetap Republik Indonesia untuk PBB dan Organisasi Internasional di Wina, Yang Mulia Bapak Darmansjah Djumala mewakili BAPETEN, dan Kepala/Chairman of USNRC, Mr. Christopher T. Hanson.

Tujuan kerja sama ini adalah dalam rangka meningkatkan infrastruktur pengawasan terutama dalam meningkatkan kapabilitas sumber daya dalam mendukung kegiatan pengawasan pemanfaatan tenaga nuklir terhadap tantangan terkini yang dihadapi oleh BAPETEN. Diharapkan melalui kerja sama ini BAPETEN dapat meningkatkan perannya sebagai badan pengawas yang professional dan berkompeten. Beberapa ruang lingkup yang disepakati dalam Nota Kesepahaman ini antara lain pertukaran informasi teknis; kerja sama dalam bidang penelitian keselamatan nuklir dan radiasi, serta tinjauan dan kajian pengawasan; dan pengembangan kapasitas.

imgkonten

Dalam sambutannya, Duta Besar LBBP dan Wakil Tetap Republik Indonesia untuk PBB dan Organisasi Internasional di Wina menegaskan komitmen Pemerintah Republik Indonesia untuk tetap mendukung isu global tentang pemanfaatan teknologi nuklir, termasuk komitmen untuk memanfaatkan tenaga nuklir untuk tujuan damai, sebagai implementasi dari Traktat Non-Proliferasi Nuklir (Non-Proliferation Treaty). Duta Besar juga menyatakan bahwa BAPETEN telah dikenal luas sebagai sebuah badan pengawas yang berkomintmen dalam melaksanakan aktifitas pengawasan pemanfaatan tenaga nuklir, dan telah banyak berkolaborasi dengan berbagai mitra di dunia internasional, termasuk USNRC.

Selanjutnya, Kepala BAPETEN Jazi Eko Istiyanto menyatakan dalam sambutannya bahwa kerja sama yang selama ini terjalin antara BAPETEN dan USNRC terbukti membawa manfaat bagi BAPETEN dalam mengembangkan kapasitas pengawasan melalui pertukaran informasi dan pengalaman. Jazi menegaskan “Berdasarkan fakta bahwa aktifitas pengawasan yang dilaksanakan USNRC telah menjadi referensi bagi banyak badan pengawas di dunia, tentu saja kerja sama ini akan mendorong BAPETEN untuk dapat memperkuat infrastruktur pengawasannya”.

imgkonten

Kepala NRC, Mr. Christopher T. Hanson menyatakan bahwa penandatanganan kali ini menunjukkan komitmen USNRC bekerja sama dengan BAPETEN untuk bersama-sama menjamin keselamatan nuklir baik di tingkat nasional maupun global. Mr. Christopher juga menyebutkan berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan bersama antara BAPETEN dan USNRC selama 5 (lima) tahun terakhir, antara lain pelaksanaan workshop terkait SMR (small modular reactor).

Seremoni penandatanganan Nota Kesepahaman ini turut disaksikan secara daring oleh para undangan dari BAPETEN diantaranya Deputi Perijinan dan Inspeksi, Deputi Pengkajian Keselamatan Nuklir, Sekretaris Utama, serta pejabat yang lain. Adapun pejabat KBRI yang turut menyaksikan antara lain Minister Counsellor, Sekretaris Pertama, dan Atase Ilmu Pengetahuan. Sedangkan dari USNRC turut hadir Director of the Office of International Programs, Chief of Staff of the Office of the Chairman dan beberapa pejabat lain. [BHKK/AQ]

imgkonten

imgkonten


Komentar (0)


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png
mkananmenu_2024-05-15-171035.jpeg

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK