Banner BAPETEN
PEMBINAAN PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN BIDANG INSTALASI DAN BAHAN NUKLIR
Kembali 23 Agustus 2022 | Berita BAPETEN
small_thumb_2022-08-23-184040.jpeg

BAPETEN melalui Direktorat Pengaturan Pengawasan Instalasi dan Bahan Nuklir (DP2IBN) menyelenggarakan Pembinaan Peraturan BAPETEN No. 11 Tahun 2020 tentang Penyusunan Laporan Analisis Keselamatan Reaktor Daya dan Peraturan BAPETEN No. 3 Tahun 2022 tentang Keselamatan Desain Teras Reaktor Daya pada Senin, 22 Agustus 2022 secara luring dan daring. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kepada pegawai BAPETEN terkait peraturan-peraturan tersebut.

Kegiatan dibuka oleh Direktur Pengaturan Pengawasan Instalasi dan Bahan Nuklir Haendra Subekti, yang dalam sambutannya menyampaikan “Pelaksanaan pembinaan dapat dilaksanakan secara internal sebelum ada kegiatan pembinaaan yang disampaikan eksternal ke luar BAPETEN agar peserta dari BAPETEN dapat kesempatan untuk memahami dan mendapatkan informasi selengkap-lengkapnya mengenai peraturan yang telah diundangkan”.Haendra menambahkan bahwa DP2IBN akan menerapkan standar pelayanan berupa Bimbingan Teknis (Bimtek) yang salah satunya merupakan pembinaan peraturan perundang-undangan bidang instalasi dan bahan nuklir.

imgkonten

Dalam sambutannya Deputi Pengkajian Keselamatan Nuklir Dahlia Cakrawati Sinaga menyampaikan bahwa pembinaan ini menjadi suatu hal yang penting agar siapa pun dapat memahami peraturan yang sudah diundangkan.

“Kategori Reaktor Daya yang meliputi Reaktor Daya Komersial dan Non Komersial. Untuk Reaktor Daya komersial yaitu PLTN untuk pelaku usaha mengacu pada Peraturan Pemerintah No 5 Tahun 2021 dan untuk non pelaku usaha mengacu pada Peraturan Pemerintah No. 2 tahun 2014”tambahnya.

imgkonten

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi. Materi pertama mengenai Peraturan BAPETEN No. 11 Tahun 2020 tentang Penyusunan Laporan Analisis Keselamatan Reaktor Daya oleh Bambang Eko Aryadi yang menyampaikan bahwa tujuan dari Peraturan BAPETEN tersebut yaitu untuk menyediakan panduan tentang format dan isi Laporan Analisis Keselamatan (LAK) reaktor daya bagi pemohon izin pembangunan dan pengoperasian reaktor daya.

imgkonten

Selanjutnya pemaparan materi mengenai Peraturan BAPETEN No. 3 Tahun 2022 tentang Keselamatan Desain Teras Reaktor Daya disampaikan oleh Catur Febriyanto Sutopo yang menyampaikan bahwa peraturan BAPETEN ini tidak hanya berlaku untuk land based tapi juga untuk floating.

imgkonten

Setelah sesi pemaparan selesai dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab terkait peraturan badan tersebut.Kegiatan ditutup oleh Haendra Subekti. Haendra mengucapkan terima kasih atas masukan-masukan yang didapat terhadap peraturan yang dijadikan pembinaan kali ini namun memang peraturan yang telah diundangkan tidak bisa langsung diubah isinya oleh karena itu perlu agar memahami bagaimana peraturan-peraturan tersebut dapat diterapkan dengan baik. Diharapkan dimasa mendatang dapat diadakan kembali kegiatan ini untuk semua peraturan terkait instalasi nuklir. [DPIBN/Zakki/BHKK/OR]


Komentar (0)


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK