Banner BAPETEN
Pelaksanaan Inspeksi di Wilayah Jabodetabek, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Timur
Kembali 20 Juni 2024 | Berita BAPETEN
small_thumb_2024-06-20-134816.jpg

Pada periode 10 hingga 15 Juni 2024, BAPETEN melalui Direktorat Inspeksi Fasilitas Radiasi dan Zat Radioaktif (DIFRZR) menyelanggarakan empat kegiatan pengawasan berupa inspeksi kepada pelaku usaha pemanfaat Sumber Radiasi Pengion (SRP) yang berada di Jabodetabek, Kalimantan Selatan dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

imgkonten

imgkonten imgkonten

imgkonten imgkonten

Pada inspeksi di area Sulawesi Selatan Industri, kegiatan ini diketuai oleh Mukhlisin dengan anggota tim Darwin Firnandus dan Samsiatun Mudzkhiyah. Kegiatan inspeksi terhadap fasilitas industri di wilayah ini secara daring mencakup antara lain Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Makassar yang memperoleh Indikator Keselamatan dan Keamanan (IKK) Kurang (Merah), Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) Makassar yang memperoleh IKK Kurang (Merah), Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas II A Sungguminasa yang memperoleh Kurang (Merah), Comextra Majora yang memperoleh hasil IKK Baik Sekali (Hijau), Panrita Teknindo Mandiri yang memperoleh hasil IKK Baik Sekali (Hijau), Semen Bosowa Maros yang memperoleh hasil IKK Cukup (Kuning), dan Semen Tonasa yang memperoleh hasil IKK Baik (Hijau).

imgkonten

imgkonten imgkonten

Sementara itu, Tim Jabodetabek diketuai olehGloria Doloressa, dengan anggota Bambang Riyono dan Lukas Wisnu Wicaksono. Dalam inspeksinya di Fasilitas Kesehatan wilayah Jakarta-Bekasi antara lain Klinik Umum Berkat Agung Bekasi dengan memperoleh nilai IKK Kurang (Merah), RSUD. dr. Chasbullah Abdulmadjid Kota Bekasi dengan memperoleh nilai IKK Baik (Hijau), Klinik Pratama Badan Narkotika Nasional (BNN) dengan memperoleh nilai IKK Kurang (Merah), Klinik Dewa Medika Cakung dengan memperoleh nilai IKK Kurang (Merah), Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof. dr. Sulianti Saroso dengan memperoleh nilai IKK Cukup (Kuning), RSUD. Cilincing dengan memperoleh nilai IKK Cukup (Kuning), RSUD. Ciracas dengan memperoleh nilai IKK Baik (Hijau), dan RSUD. Tanjung Priok dengan memperoleh IKK Baik Sekali (Hijau).

imgkonten imgkonten

imgkonten

Selanjutnya, pada inspeksi industri di Kalimantan Selatan yang diketuai oleh Lukas Wisnu dan anggota tim Puji Hastuti dan Rizki Ridhallahi hasilnya adalah di fasilitas Bandara Internasional Syamsudin Noor memperoleh nilai IKK Baik (hijau), PT. Barito Pacific Timber memperoleh nilai IKK Kurang (merah), Lapas Kelas IIA Banjarmasin memperoleh nilai IKK Cukup (kuning), Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Martapura memperoleh nilai IKK Kurang (merah), Lapas Kelas IIB Banjarbaru memperoleh nilai IKK Cukup (kuning), Galuh Cempaka Kota Banjar Baru memperoleh nilai IKK Kurang (merah), Geodrilling Indonesia memperoleh nilai IKK Kurang (merah), PT. GEOXP Banjar (fasilitas sudah tidak beroperasi, Zat Radioaktif (ZRA) pindah ke Kota Bandung), INTILOG Indonesia (fasilitas sudah tidak beroperasi, ZRA pindah ke Balikpapan).

Diharapkan fasilitas yang sudah mendapatkan predikat IKK Baik dan Baik sekali untuk terus mempertahankan kinerja keselamatan radiasinya, sedangkan bagi fasilitas yang mendapatkan pelarangan pengoperasian pesawat sinar-X wajib untuk melakukan pengurusan izin pemanfaatan melalui OSS yang terintegrasi dengan Balis Perizinan 2.5 (DIFRZR/Dwicahyadi/BHKK/GP)


Komentar (0)


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png
mkananmenu_2024-05-15-171035.jpeg

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK