Banner BAPETEN
Observasi Drill Kedaruratan Nuklir di PT. Halliburton Logging Services
Kembali
small_thumb_2024-03-11-142342.jpg

Dalam rangka memenuhi undangan kegiatan drill kedaruratan nuklir PT. Halliburton Logging Services Indonesia yang berlokasi di Balikpapan, Kalimantan Timur, Direktorat Keteknikan dan Kesiapsiagaan Nuklir (DKKN) BAPETEN ikut serta sebagai observer dalam pelaksanaan kegiatan tersebut pada Jumat 8 Maret 2023, guna memastikan kemamputerapan penanganan kedaruratan nuklir PT. Halliburton Logging Services Indonesia dalam implementasinya terhadap prosedur kedaruratan nuklir yang mereka miliki.

Kegiatan observasi ini juga sekaligus untuk memperkaya wawasan dalam rangka pengembangan aplikasi sistem pelaporan kesiapsiagaan dan kedaruratan nuklir (Balis SiGap) yang sedang dirancang oleh Kelompok Fungsi Kesiapsiagaan Nuklir (KFKN)-DKKN, yang tentunya akan sangat membantu terhadap sistem pelaporan penanganan kedaruratan nuklir yang terjadi pada fasilitas.

imgkonten imgkonten

Pelaksanaan drill kedaruratan nuklir ini dihadiri oleh Direktur K2N – Zulkarnain yang menegaskan bahwa pentingnya kegiatan ini untuk dilakukan minimal sekali dalam setahun seperti yang diamanatkan dalam peraturan perundangan, yakni untuk menguji kemamputerapan prosedur yang dimiliki, melatih personil yang terlibat agar dapat lebih sigap ketika menghadapi situasi yang nyata sekaligus menguji sistem komunikasi dan koordinasi dengan semua pihak terkait, khususnya kepolisian setempat dalam melaksanakan respon kedaruratan nuklir.

Skenario yang dilaksanakan dalam drill kedaruratan nuklir pada fasilitas PT. Halliburton Logging Services Indonesia kali ini adalah adanya kegiatan ilegal yang dilakukan oleh petugas cleaning service yang berencana ingin memasuki bunker radioaktif dengan asumsi bahwa di dalam bunker tersebut disimpan barang berharga karena dijaga ketat dengan menggunakan akses terbatas, namun mereka tidak mengetahui adanya bahaya radiasi di dalam bunker tersebut.

imgkonten imgkonten

Modus yang dilakukan adalah dengan cara mengambil access control bunker radioaktif yang tertinggal di meja RSO, dan saat bersamaan situasi kantor sedang sepi. Namun demikian tindakan ini berhasil digagalkan oleh satuan pengamanan internal fasilitas sehingga sumber radioaktif yang ada di dalam bunker tersebut belum sempat diambil dari ruang bunker dan pelaku/tersangka berhasil diamankan oleh Polsek Balikpapan Timur selaku perespon eksternal dalam kegiatan drill ini.

Semua tahapan drill kedaruratan nuklir dilalui dengan lancar dan terlihat bahwa PT. Halliburton Logging Services Indonesia melakukan penerapan SOP kedaruratan nuklir dengan sangat baik, ini menunjukkan komitmen dari PT. Halliburton Logging Services Indonesia untuk menjamin bahwa pemanfaatan ketenaganukliran di fasilitas mereka aman dan selamat. (DKKN/Wiwied Wahyu/BHKK/Bams).


Komentar (0)


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK