Banner BAPETEN
Kolaborasi BAPETEN Bersama DPR RI dalam Rangka Penguatan Pengawasan Pemanfaatan Tenaga Nuklir di Tuban, Jawa Timur
Kembali 20 Oktober 2022 | Berita BAPETEN
small_thumb_2022-10-21-164606.jpeg

Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) melakukan kegiatan sosialisasi guna memperkenalkan dan memperluas ilmu pengetahuan masyarakat tentang peran BAPETEN dalam pengawasan tenaga nuklir. Dengan demikian masyarakat dapat memahami tentang manfaat energi nuklir secara tepat dan benar. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga dalam rangka mengajak masyarakat untuk turut andil dalam pengawasan tenaga nuklir yang. sebenarnya ada dalam kehidupan sehari-hari kita. Untuk itulah Bapeten berkolaborasi dengan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menyelenggarakan kegiatan “Diseminasi Pengawasan dan Pemanfaatan Tenaga Nuklir bersama DPR di Tuban, Jawa Timur”.

imgkonten imgkonten

imgkonten imgkonten

Dalam penyampaiannya juga ia menambahkan “BAPETEN kali ini hadir untuk mengurangi rasa takut dari masyarakat terutama daerah-daerah yang dekat dengan reaktor yang akan di bangun di Tuban. Nuklir ini sangat dibutuhkan tidak hanya dari sektor energi atau pembangkit daya tapi nuklir sudah banyak di desiminasikan untuk alat alat kedokteran, alat kesehatan bahkan termasuk mengolah bibit unggul dan juga proses pengolahan atau pengawetan makanan”.

imgkonten imgkonten

Acara dilanjutkan dengan presentasi oleh Koordinator Kelompok Fungsi Komunikasi Publik BAPETEN Abdul Qohhar menyampaikan "Pengawasan Pemanfaatan Tenaga oleh BAPETEN dalam melaksanakan tugasnya. Antara lain tentang tugas pengawasan pemanfaatan tenaga nuklir di Indonesia, melalui Peraturan, Perizinan, dan Inspeksi. Pelaksanaan pengawasan melalui peraturan telah dilakukan dengan membuat sejumlah peraturan”.

Adapun ditambahkan pengenalan pada masyarakat terkait energi tenaga nuklir terdapat disekitar kita sebenarnya yang bisa dilihat sehari-hari seperti terdapat dalam buah buahan dan sayur seperti pisang, wortel, bayam, tidak hanya itu adapun cara pengolahan atau pengawetan makanan , serta pengembangan bibit menjadi varietas unggul.

imgkonten imgkonten imgkonten

Dalam presentasinya juga memaparkan bagaimana jika ada barang yang terindikasi adanya radiasi yang mengandung nuklir dengan menggunakan alat khusus yang bisa mengeluarkan bunyi khusus atau menunjukan kadar nilai nuklir tersebut.

imgkonten imgkonten imgkonten

imgkonten imgkonten

Acara ditutup dengan beberapa pertanyaan-pertanyaan dari peserta dan kemudian diakhiri dengan doa bersama dan ramah tamah.(BHKK/RA/CD)


Komentar (0)


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK