Banner BAPETEN
Forum Konsultasi Publik: Joint Review Penyusunan Revisi Silabus Pengujian Petugas Instalasi dan Bahan Nuklir
Kembali 23 September 2022 | Berita BAPETEN
small_thumb_2022-09-27-084303.jpg

BAPETEN melalui Direktorat Perizinan Instalasi dan Bahan Nuklir (DPIBN) menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik berupa forum komunikasi dengan pemangku kepentingan dalam acara Joint Review Penyusunan Revisi Silabus Pengujian Petugas Instalasi dan Bahan Nuklir pada tanggal 22-23 September 2022 di Serpong, Tangerang Selatan. Kegiatan penyusunan Revisi Silabus Pengujian Petugas Instalasi dan Bahan Nuklir dalam rangka pengembangan standar layanan pengujian dan penyesuaian dengan peraturan terbaru yaitu Peraturan BAPETEN No. 7 Tahun 2019 tentang Izin Bekerja Petugas Instalasi dan Bahan Nuklir.

imgkonten

Kegiatan dihadiri oleh 36 Peserta, terdiri dari para pemangku kepentingan yaitu perwakilan dari ketiga reaktor non-daya Departemen Pengelolaan Fasilitas Ketenaganukliran (DPFK)-BRIN, perwakilan dari fasilitas Instalasi Nuklir Nonraeaktor (INNR) DPFK-BRIN, perwakilan dari PT. INUKI, dan perwakilan dari Direktorat Pengembangan Kompetensi (DPK)-BRIN, serta tim penguji Petugas IBN BAPETEN. Kegiatan bertujuan untuk menyelaraskan draft silabus yang telah disusun dengan kondisi sebenarnya yang dilaksanakan pada fasilitas reaktor maupun INNR, menyerap aspirasi dan umpan balik dari para pemangku kepentingan.

imgkontenimgkonten

Kegiatan ini dibuka oleh Kordinator Kelompok Fungsi Sertifikasi dan Validasi Adi Dradjat Noerwasana mewakili Direktur Pengaturan Pengawasan Instalasi dan Bahan Nuklir. Dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Draft revisi silabus pengujian hasil pembahasan internal BAPETEN sangat perlu untuk dikonsultasikan lebih lanjut dengan melibatkan para pemangku kepentingan agar standar layanan ini mampu menampung aspirasi dan kesepahaman bersama”. Sebelum pembahasan draft revisi silabus peserta terlebih dahulu mengikuti diseminasi dari Analis Kebijakan pada Deputi Bidang Pelayanan Publik Kemenpan RB, Junaidi Sinaga yang mempresentasikan Kebijakan Penyelenggaraan Forum Konsultasi Publik.

imgkontenimgkonten

imgkontenimgkonten

Selama kegiatan, agenda pada Forum Group Discussion (FGD) ini membahas revisi Silabus Pengujian Petugas Instalasi dan Bahan Nuklir yang dibagi menjadi beberapa kelompok kerja dengan membahas:

  • 1) Silabus Supervisor dan Operator Reaktor Non Daya
  • 2) Silabus Supervisor dan Operator Instalasi Nuklir Non Reaktor
  • 3) Silabus Supervisor dan Teknisi Perawatan Reaktor Non Daya
  • 4) Silabus Petugas Proteksi Radiasi Instalasi dan Bahan Nuklir, dan
  • 5) Silabus Pengawas dan Petugas Inventory Bahan Nuklir

Dari kegiatan Joint Review Penyusunan Revisi Silabus Pengujian Petugas Instalasi dan Bahan Nuklir ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan pengujian petugas IBN dan dapat memberikan manfaat dengan terjaminnya keselamatan, keamanan, dan seigard dalam pemanfaatan instalasi dan bahan nuklir. [DPIBN/Anton/Awaludin/BHKK/CD]


Komentar (0)


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK