Banner BAPETEN
Bimbingan Teknis Sistem Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Kedaruratan Nuklir/Radiologi bagi Personil Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung
Kembali
small_thumb_2022-09-29-133319.jpeg

Direktorat Keteknikan dan Kesiapsiagaan Nuklir (DKKN) BAPETEN mengadakan Bimbingan Teknis Sistem Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Kedaruratan Nuklir/Radiologi bagi personil Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar PB) Kota Bandung pada 28 - 29 September 2022 yang diikuti 30 peserta dari Damkar PB seluruh wilayah di Kota Bandung.

Dalam sambutan pembukaannya, Direktur K2N BAPETEN Zulkarnain menyampaikan latar belakang kegiatan ini, "Kegiatan bimbingan teknis ini merupakan implementasi salah satu pilar I-ConSEP, yaitu capacity building. Diharapkan ketika petugas Damkar bertugas memadamkan kebakaran, bisa mengetahui potensi bahaya yang dihadapi, khususnya terkait bahaya radiasi". Zulkarnain menambahkan apa yang dipelajari selama 2 (dua) hari ini akan dipraktekkan dalam latihan penanggulangan kedaruratan nuklir yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2022.

imgkonten imgkonten

Kepala Dinas Kebakaran Dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung, dalam sambutannya yang dibacakan Kabid Penanggulangan Bencana, Dian Rudianto, menyatakan "Kota bandung memiliki kondisi yang berpotensi rawan bencana, baik bencana alam, bencana non alam, maupun bencana sosial yang berpotensi menimbulkan berbagai macam kerugian. Potensi bencana non alam di kota bandung salah satunya nuklir yang ada di batan. Kesiapsiagaan diperlukan sebagai langkah untuk dapat mewaspadai dan berhati-hati terhadap dampak dari nuklir diantaranya radiasi". Lebih lanjut Dian menyampaikan bahwa kegiatan ini bisa menjadi bekal bagi personil pemadam kebakaran dalam memahami hal-hal terkait kesiapsiagaan, penanggulangan dan keamanan nuklir khususnya di kota bandung.

imgkonten imgkonten imgkonten

Selanjutnya dilakukan presentasi materi tentang Dasar-Dasar Pemanfaatan Tenaga Nuklir, Pengenalan Proteksi Radiasi dan Efek Biologis, Pengenalan Alat Ukur Radiasi, dan Pengenalan Dasar Penanggulangan Kedaruratan Nuklir/Radiologi. Untuk lebih meningkatkan pemahaman peserta terhadap materi yang telah disampaikan, diadakan praktikum tentang Proteksi Radiasi dan Alat Pelindung Diri (APD), yang dilanjutkan dengan simulasi penanggulangan kedaruratan nuklir/radiologi dengan dipandu oleh para pemateri.

imgkonten imgkonten imgkonten

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas dan kapabilitas personil Damkar PB Kota Bandung terkait keselamatan radiasi jika suatu saat terjadi bencana nuklir/radiologi. Acara ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada seluruh peserta bimbingan teknis tersebut. [BHKK/AQ/DA]

imgkonten imgkonten imgkonten

imgkonten imgkonten


Komentar (0)


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK