Banner BAPETEN
Bimbingan Teknis Proteksi Radiasi dan Pengawasan TENORM (Technologically Enhance Naturally Occurring Radioactive Material).
Kembali 16 Agustus 2019 | Berita BAPETEN
small_thumb_2019-08-16-110439.jpg

Direktorat Perizinan Instalasi dan Bahan Nuklir (DPIBN)-BAPETEN menggelar Bimtek Proteksi Radiasi dan Pengawasan TENORM pada tanggal 7-8 Agustus di Pangkal Pinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Bimtek ini dihadiri oleh Staf/PPNS Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten/Kota se-Babel dan Inspektur Tambang Kementerian ESDM yang berkedudukan di Dinas ESDM Prov. Babel.

imgkonten imgkonten

Dalam sambutannya, Direktur PIBN Budi Rohman menyampaikan urgensi pengawasan TENORM terutama untuk daerah-daerah penghasil tambang seperti timah dan zirkon.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi yang disampaikan Evin Yuliati, terkait Peraturan Perundangan Ketenaganukliran Terkait TENORM, dilanjutkan dengan presentasi Tino Sawaldi Adi Nugroho, menyampaikan materi Fisika Radiasi, lalu Sinta Tri Hapsari, menyampaikan materi tentang Prinsip Dasar Proteksi Radiasi.

imgkonten imgkonten

Pada hari kedua, acaa berlanjut dengan pemaparan materi oleh Shanthy Dhamayanthy, terkait menyampaikan materi Pengenalan TENORM, berlanjut presentasi dari Bhakti Dwi Yoga menyampaikan materi tentang Efek Radiasi, serta presentasi dari Sugiyanto, yang menyampaikan materi Alat Ukur Radiasi.

imgkonten imgkonten

Pada Bimtek ini juga ada acara praktikum penggunakan alat ukur radiasi dengan modul pengukuran paparan radiasi, pengukuran tingkat kontaminasi, penggunaan penahan radiasi dan pengaruh jarak, pencarian sumber radiasi dan identifikasi radionuklida.

imgkonten imgkonten

Seluruh peserta menyambut antusias acara ini, demikian pula pihak Dinas LH dan ESDM menyambut baik bimtek ini, dan menginginkan kerjasama lebih lanjut dalam hal pengawasan TENORM di daerah.

imgkonten

Di akhir acara dilaksanakan pemberian sertifikat secara simbolis kepada perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Babel dan Dinas ESDM Provinsi Babel (DPIBN/Yoga/BHKK/Bam)

Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK