Banner BAPETEN
Bimbingan Teknis Pengenalan DRL dan Sistem INformasi Data Dosis PasieN (Si-INTAN) di Padang, Sumatra Barat
Kembali 27 Februari 2024 | Berita BAPETEN
small_thumb_2024-02-28-082437.jpg

BAPETEN melalui Pusat Pengkajian Fasilitas Radiasi dan Zat Radioaktif (P2STPFRZR) mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) mengenai Pengenalan DRL dan Sistem Informasi Data Dosis Pasien (Si-INTAN) serta Praktik Pelaporan Dosis Pasien untuk Modalitas Mamografi dan Radiografi Gigi pada Selasa, 27 Februari 2024 di Padang. Acara dihadiri oleh 13 peserta luring dan 41 peserta daring perwakilan dari fasilitas pelayanan kesehatan dari wilayah Sumatera Barat dan sekitarnya. Bimtek ini dilakukan dalam rangka menyediakan nilai Tingkat Panduan Diagnostik (TPD) yang bersifat Nasional (Tingkat Panduan Diagnostik Indonesia) sebagai panduan bagi praktisi medis dalam menerapkan dan meningkatkan efektifitas optimisasi proteksi radiasi terhadap pasien radiologi diagnostik, radiologi intervensional, dan kedokteran nuklir diagnostik.

Acara dibuka oleh Koordinator Pengkajian Kesehatan Rusmanto yang menyampaikan bahwa penggunaan sumber radiasi pengion di medik tentu tidak boleh sembarangan. Ada ketentuan dan aturan yang harus diikuti, karena radiasi selain mempunyai banyak manfaat juga ada risikonya. Dijelaskan juga mengenai audit dosis dengan membandingkan nilai dosis lokal rumah sakit dengan nilai TPD Nasional.

imgkonten imgkonten

Presentasi pertama oleh Endang Kunarsih yang menyampaikan materi tentang Pengenalan Diagnostic Reference Level (DRL) dan Audit Dosis. Dilanjutkan dengan materi Pengenalan Si-Intan dan Praktik Pelaporan Data Dosis Pasien secara manual oleh Ida Bagus Gede Putra Pratama yang menjelaskan tentang landasan peraturan, manfaat, modalitas, persiapan penggunaan dan tahapan dalam Si-INTAN. Ada 4 tahapan yaitu registrasi (diantaranya profil rumah sakit dan profil dari PIC), Input data modalitas (diantaranya merek dan model modalitas, ketersediaan informasi dosis, tanggal uji kesesuaian, deviasi akurasi dan sertifikat uji kesesuaian), input data dosis pasien dan laporan timbal balik.

imgkonten imgkonten

BAPETEN juga memberikan bimbingan ke peserta mengenai cara pelaporan data dosis ke BAPETEN. Sesi ini juga dimanfaatkan oleh peserta bimtek untuk berkonsultasi jika mengalami kesulitan dalam menginput data yang diperlukan. Acara di tutup dengan diskusi dan tanya jawab.

Dengan bimtek ini, diharapkan pelaporan data dosis pasien khususnya untuk modalitas mamografi dan radiografi gigi secara manual atau melalui aplikasi SI-INTAN dapat terus bertambah sehingga diperoleh kecukupan data untuk penetapan DRL Nasional yang direncanakan akan dilakukan pada awal triwulan ke 2 tahun 2024.

imgkonten imgkonten

Bagi fasilitas pelayanan kesehatan yang ingin meningkatkan pemahaman dan ketrampilan dalam menginput/melaporkan rekaman data dosis pasien melalui Si-INTAN atau secara manual dapat menghubungi tim TPD BAPETEN melalui email: idrl@bapeten.go.id dan nomor whatsapp admin Si-INTAN 0811 1917 9083. Pelatihan/Bimbingan teknis ini tidak dipungut biaya baik secara tatap muka maupun virtual. (P2STPFRZR/Hermansyah/BHKK/YL).


Komentar (0)


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK