Banner BAPETEN
Bimbingan Teknis Inputing Aplikasi Terbaru Penilaian Mandiri Maturitas SPIP Terintegrasi (e-INTEGRITY)
Kembali 29 Mei 2024 | Berita BAPETEN
small_thumb_2024-05-30-104214.jpeg

​Dalam rangka Penilaian Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) yang mencakup Penilaian Mandiri (PM) dan Penjaminan Kualitas (PK) pada K/L/D serta Evaluasi oleh BPKP yang mencakup penilaian secara terintegrasi atas SPIP, Manajemen Risiko Indeks (MRI), dan Indeks Efektivitas Pengendalian Korupsi (IEPK), BAPETEN menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang bertema Inputing Aplikasi Terbaru PM Maturitas SPIP Terintegrasi pada Rabu (29/5/24) di Jakarta. Hadir sebagai narasumber dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) yaitu Agus Puruhita sebagai perwakilan Direktur Pengawasan Iptek dan Reformasi Birokrasi Kedeputian Polhukam PMK, Anis Suryani, dan Hadi Susanto.

Peserta bimtek kali ini merupakan Tim Asesor Manajemen Maturitas Penyelenggaraan SPIP Terintegrasi dan Tim Manajemen Risiko Tahun 2024 BAPETEN serta perwakilan auditor dari K/L lain yaitu Inspektorat Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Inspektorat Kementerian Pemuda dan Olahraga, Inspektorat Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, dan Inspektorat Komisi Nasional Hak Asasi Manusia.

Acara dibuka oleh Kepala Inspektorat, Hery Budi Santoso, dalam sambutannya disampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk konsolidasi dan kooordinasi serta memberikan pemahaman secara teknis bahwa dalam upaya meningkatkan implementasi SPIP Terintegrasi dan Manajemen Risiko terdapat unsur Manajemen Risiko Indeks yang harus dimasukkan ke Aplikasi Terbaru BPKP dan terdapat persiapan penilaian maturitas SPIP Terintegrasi yang akan dilaksanakan oleh BPKP.

imgkonten

imgkonten

Bimtek dilanjutkan dengan pemaparan materi Narasumber dari BPKP terkait PM Maturitas SPIP sesuai Perba BPKP Nomor 5 Tahun 2021 oleh Agus Puruhita dan Anis Suryani terkait presentasi inputing aplikasi terbaru penilaian mandiri SPIP terintegrasi kemudian dilanjutkan dengan Simulasi inputing aplikasi terbaru PM SPIP terintegrasi pada aplikasi e-INTEGRITY(electronic-INTEgrated Maturity GoveRnment internal ConTrol SYstem Assessment) oleh Hadi Susanto.

imgkonten

Bimtek Inputing Aplikasi Terbaru Penilaian Mandiri Maturitas SPIP Terintegrasi diakhiri dengan sesi diskusi dan ditutup oleh Kepala Inspektorat. Diharapkan dengan kegiatan bimtek ini terbangun sinergitas dan komunikasi yang lebih efektif antar seluruh Tim, antara K/L yang akan dievaluasi dengan Tim BPKP sebagai evaluator dan lebih fokus dalam memahami serta melakukan inputing data Aplikasi SPIP Terintegrasi pada aplikasi (e-INTEGRITY). (Insp/Anis/BHKK/Ra)


Komentar (0)


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png
mkananmenu_2024-05-15-171035.jpeg

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK