Banner BAPETEN
BAPETEN Kembali Serahkan Arsip Statis ke ANRI Guna Penyelamatan Arsip Negara
Kembali 22 November 2022 | Berita BAPETEN
small_thumb_2022-11-22-162415.jpg

Guna penyelamatan arsip negara Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) melakukan penyerahan arsip statis klasifikasi substantif ke Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) pada Selasa, 22 November 2022. Arsip Negara merupakan arsip yang dibiayai dari anggaran negara. Arsip yang diserahkan merupakan arsip yang berketerangan permanen sesuai dengan Jadwal Retensi Arsip.

Momen penyerahan arsip ini dilakukan melalui kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Penyerahan Arsip Statis Nasional yang diselenggarakan oleh Deputi Bidang Konservasi Arsip – ANRI. Sekretaris Utama Sugeng Sumbarjo bersama Direktur Direktorat Perizinan Instalasi dan Bahan Nuklir Budi Rohman, hadir dalam Rakor ini melakukan penyerahan arsip statis kepada Kepala ANRI, serta menandatangani Berita Acara Serah Terima Arsip Statis.

Kepala ANRI Imam Gunarto menyampaikan bahwa Arsip yang diserahkan ke ANRI merupakan amanah agar masyarakat dapat memanfaatkan informasi yang terdapat pada arsip tersebut untuk meningkatkan kesejahteraannya. Arsip suatu lembaga merupakan bagian dari memori kolektif bangsa, sementara memori kolektif bangsa merupakan bagian dari memori kolektif dunia.

Memori kolektif bangsa merupakan bagian dari peradaban manusia dan memori kolektif regional. Sehingga arsip merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga NKRI dan cita cita nasional sebagaimana diamanatan dalam pembukaan UUD 1945.

imgkonten imgkonten

Tahun ini merupakan kelima kalinya, BAPETEN menyerahkan Arsip Statis ke Lembaga Kearsipan ANRI, sedangkan penyerahan Arsip Statis klasifikasi Substantif merupakan penyerahan ketiga kalinya pada tahun ini.

Seperti diketahui, Arsip Substantif adalah arsip yang dihasilkan dari pelaksanaan tugas pokok dan fungsi lembaga sebagai Badan Pengawas Pemanfataan Tenaga Nuklir di Indonesia. Arsip Statis klasifikasi Substantif tersebut antara lain Laporan Hasil Kajian tahun 2018 dan 2019 dari Unit Pengolah Pusat Pengkajian Sistem dan Teknologi Pengawasan Instalasi dan Bahan Nuklir (P2STPIBN) dan Arsip Keputusan Tata Usaha Negara (KTUN) Perizinan Instalasi dan Bahan Nuklir tahun 2003 sampai 2018 dari Unit Pengolah Direktorat Perizinan Instalasi dan Bahan Nuklir (DPIBN).

Sebelumnya, BAPETEN telah melakukan penyerahan arsip statis klasifikasi substantif berupa Laporan Hasil Kajian dari Unit Pengolah Pusat Pengkajian Sistem dan Teknologi Pengawasan Fasilitas Radiasi dan Zat Radioaktif (P2STPFRZR) dan Arsip Sertifikat Kalibrasi Alat Ukur Radiasi dari Unit Pengolah Direktorat Keteknikan dan Kesiapsiagaan Nuklir (DKKN) pada Tahun 2021.

imgkonten

imgkonten

Jumlah arsip yang diserahkan sebanyak 7 boks, yang terdiri dari 6 boks berisi Arsip Keputusan Tata Usaha Negara (KTUN) Perizinan Instalasi dan Bahan Nuklir tahun 2015 beserta berkas pendukungnya. Satu boks lainnya berisi arsip 3 Laporan Hasil Kajian, meliputi:

  1. Kajian Keselamatan High Temperature Gascooled Reactor (HTGR) Tahun Anggaran 2018 beserta arsip pendukungnya.
  2. Kajian Keselamatan Reaktor Penelitian dalam rangka Incident Reporting System for Research Reactors (IRSRR) Tahun Anggaran 2018 beserta arsip pendukungnya.
  3. Kajian Budaya Pengawasan BAPETEN Tahun Anggaran 2019beserta arsip pendukungnya.

Dalam Rakor ini terdapat 27 instansi dan 1 tokoh masyarakat yang menyerahkan arsip statis. ANRI sangat mengapresiasi instansi yang telah melakukan penyelamatan arsip negara dan pelestarian memori kolektif bangsa. Target ke depannya BAPETEN akan secara rutin menyerahkan arsip statis ke ANRI yang dihasilkan dari tugas dan fungsi dalam rangka penyelamatan arsip negara, sebagai akuntabilitas kinerja dan bukti pertanggungjawaban dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara serta identitas dan memori kolektif bangsa. (BOU/Rizki Parhani/BHKK/Bams)


Komentar (0)


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK