Banner BAPETEN
BAPETEN Kembali Menggelar Penghargaaan Anugerah BAPETEN 2022
Kembali 08 November 2022 | Berita BAPETEN
small_thumb_2022-11-09-044131.jpg

Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) merupakan instansi pemerintah yang diamanatkan melaksanakan pengawasan pemanfaatan tenaga nuklir melalui pembuatan peraturan, pelayanan perizinan dan pelaksanaan inspeksi. Tujuan pengawasan tersebut adalah untuk terjaminnya kesejahteraan, keamanan, dan ketenteraman masyarakat serta menjamin keselamatan dan kesehatan pekerja dan anggota masyarakat serta perlindungan terhadap lingkungan hidup.

Dalam kerangka pengawasan tenaga nuklir yang efektif, maka pelaksanaannya harus dilakukan secara berimbang antara reward dan punishment kepada fasilitas yang termasuk dalam objek pengawasan BAPETEN untuk memberikan rasa keadilan, akuntabilitas, dan integritas.

Guna memberikan penghargaan dan apresiasi kepada segenap unsur yang telah berkontribusi dalam terwujudnya keselamatan nuklir dalam pemanfaatan tenaga nuklir di Indonesia, pada Selasa 8 November 2022, BAPETEN menggelar perhelatan Anugerah Bapeten 2022 di Jakarta.

imgkonten

Hadir dalam acara ini, Plt. Kepala BAPETEN Sugeng Sumbarjo, Deputi Bidang Perizinan dan Inspeksi Zainal Arifin, Deputi Bidang Pengkajian Keselamatan Nuklir Dahlia C. Sinaga, Direktur Inspeksi Fasilitas Radiasi dan Zat Radioaktif Asep Saifulloh Hermawan, Direktur Perizinan Fasilitas Radiasi dan Zat Radioaktif Ishak, Kepala Biro Hukum, Kerja Sama dan Komunikasi Publik Indra Gunawan, dan Pejabat Tinggi Pratama lainnya di lingkungan BAPETEN serta beberapa staf BAPETEN terkait. Sementara dari eksternal BAPETEN hadir para penerima penghargaan Anugerah BAPETEN 2022.

Dalam laporannya Asep Saefulloh mengatakan, sejauh ini BAPETEN telah melaksanakan penganugerahan Anugerah BAPETEN kepada pengguna sebanyak 7 (enam) kali sejak pertama kali dilaksanakantahun 2015 dengan nama “BAPETEN Safety and Security Awards (BSSA)”, dan semenjak tahun 2019 berubah menjadi Anugerah BAPETEN.

imgkonten

“Pada penyelenggaraan ke-8 tahun 2022 ini, BAPETEN memberikan penghargaan Anugerah BAPETEN kepada 79 (tujuh puluh sembilan) instansi medik; 134 (seratus tiga puluh empat) instansi penelitian dan industri untuk pemegang izin bidang Fasilitas Radiasi dan Zat Radioaktif; 27 (dua puluh tujuh) instansi untuk kategori Optimisasi Keselamatan Radiasi Pada Pasien Radiologi; 6 (enam) Lembaga Uji Kesesuaian; 2 (dua) Lembaga Pelatihan; 11 (sebelas) orang Petugas Proteksi Radiasi (PPR); 3 (tiga) Petugas dalam Aspek Safeguards dan Protokol Tambahan dan 5 (lima) provinsi, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Banten. Sehingga, total penerima Anugerah BAPETEN Tahun 2022 ini sebanyak 267 Instansi dan/atau perorangan” Ujar Asep melaporkan.

“Harapan kami pemberian penghargaan ini dapat meningkatkan kinerja dan semangat dan tidak menyurutkan semangat walau tahun ini jumlah penerima penghargaan berkurang jumlahnya, hal ini demi menjaga keselamatan dan keamanan bagi kita bersama” tambahnya.

Perhelatan Anugerah BAPETEN yang diselenggarakan setiap tahun ini dibuka oleh Plt. Kepala BAPETEN Sugeng Sumbarjo. Dalam sambutannya Sugeng mengucapkan selamat kepada para penerima penghargaan ini. “ kami mengucapkan selamat kepada para penerima anugerah, bukan pemenang, di sini tidak ada pemenang. Karena semua yang nilainya di atas passing grade 95 kami berikan anugrah, Jadi Baapk dan Ibu penerima anugerah ini adalah para cum laude, para suma cum laude, yang kami anggap sebagai pionir dalam melaksanakan sistem pengawasan pemanfaatan tenaga nuklir” tuturnya.

imgkonten

Seperti diketahui, BAPETEN telah mengembangkan suatu sistem penilaian berbasis risiko berupa indeks pengawasan yang disebut dengan Indeks Keselamatan dan Keamanan Nuklir (IKKN). IKKN merupakan indikator yang terukur sebagai gambaran mengenai status keselamatan dan keamanan fasilitas yang diperoleh melalui Laporan Hasil Inspeksi (LHI) dan Laporan Keselamatan Fasilitas (LKF). Indeks inilah yang menjadi cerminan komitmen dan kepatuhan pihak fasilitas dalam melaksanakan pemanfaatan tenaga nuklirnya secara selamat, aman dan tenteram.

Penghargaan Anugerah BAPETEN 2022 diberikan untuk untuk Kategori Pemegang Izin bidang Fasilitas Radiasi dan Zat Radioaktif; Petugas Proteksi Radiasi bidang Fasilitas Radiasi dan Zat Radioaktif; Petugas dalam Aspek Safeguards dan Protokol Tambahan; Lembaga Uji Kesesuaian dan Lembaga Pelatihan Ketenaganukliran, yang memiliki komitmen dan performa sangat baik dalam Keselamatan Radiasi dan/atau Keamanan Sumber Radioaktif serta dalam hal penerapan optimisasi keselamatan radiasi pada pasien radiologi. Selain itu Penghargaan Anugerah BAPETEN juga diberikan untuk kepala daerah yang memiliki komitmen tinggi dalam upaya peningkatan budaya keselamatan dan keamanan nuklir melalui pembinaan terhadap pemanfaat tenaga nuklir di wilayahnya.

imgkonten

Selain pemberian reward dan punishment, dalam kerangka pengawasan, BAPETEN juga menerapkan strategi pengawasan partisipatif dengan melibatkan stakeholder terkait di daerah, untuk meningkatkan kualitas pengawasan ketenaganukliran secara komprehensif. Pada tahun 2022 BAPETEN melibatkan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, Dinas Kesehatan Kota Bandung dan Dinas Kesehatan Kabupaten Gresik untuk pelaksanaan inspeksi bersama terhadap fasilitas pelayanan kesehatan di masing-masing daerah tersebut.

Anugerah BAPETEN juga digunakan oleh BAPETEN sebagai salah satu indikator untuk menunjukkan bahwa di antara tujuan pengawasan yaitu peningkatan kesadaran hukum pengguna tenaga nuklir untuk menimbulkan budaya keselamatan dibidang nuklir; serta untuk menjamin terpeliharanya dan ditingkatkannya disiplin petugas dalam pelaksanaan pemanfaatan tenaga nuklir telah tercapai. Oleh karena itu BAPETEN akan terus mendorong setiap instansi untuk berkompetisi untuk mendapatkan Anugerah BAPETEN.

imgkonten

Dibandingkan dengan tahun 2021, yaitu sebanyak total 346 instansi dan/atau perorangan penerima Anugerah BAPETEN, jumlah penerima Anugerah BAPETEN pada tahun 2022 ini mengalami penurunan dikarenakan pemberlakuan sistem pengawasan terbaru sesuai dengan PP 5 Tahun 2021 tentang penyelenggaraan perizinan berusaha berbasis risiko serta penilaian inspeksi yang berbasis kinerja, sehingga menyebabkan beberapa perubahan kriteria dalam pemberian Anugerah BAPETEN 2022.

imgkonten

Di sela acara Anugerah BAPETEN, diselenggarakan Press Conference dengan narasumber Sugeng Sumbarjo, Zainal Arifin, Dahlia C. Sinaga yang dihadiri oleh sejumlah media. Banyak pertanyaan yagn mucul dalam siaran pers yang dimoderatori oleh Indra Gunawan ini. Pertanyaan tersebut antara lain tentang pemanfaatan nuklir selain di bidang kesehatan dan pertanian itu untuk apa saja, tentang pembangunan PLTN di Indonesia, tentang dukungan energi nuklir untuk pembangunan Ibukota Baru di Kalimantan dan juga tentang nuclear weapon atau senjata nuklir. Semua pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan oleh narasumber secara bergantian.

Pada sesi penutupan oleh Deputi Bidang Perizinan dan Inspeksi Zainal Ariifn, disampaikan kata kunci singkat saja oleh Zainal, namun cukup mengena, yakni “ Bekerja kita dengan hati, agar nuklir semakin diminati” (BHKK/Bams/Denny/Chika).

imgkonten


Komentar (0)


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK