Banner BAPETEN
Bapeten bersama DPR RI mengadakan Diseminasi Pengawasan Pemanfaatan Tenaga Nuklir di Surabaya
Kembali 16 November 2022 | Berita BAPETEN
small_thumb_2022-11-16-160525.jpg

Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) melakukan kegiatan desiminasi dengan tujuan memperkenalkan ilmu pengetahuan masyarakat tentang peran BAPETEN dalam pengawasan tenaga nuklir. Diseminasi tersebut merupakan kegiatan dengan tujuan memberikan pengenalan tentang pemanfaatan tenaga nuklir yang aman dan bisa di lihat dalam kehidupan keseharian. Dengan demikian masyarakat dapat memahami tentang manfaat energi nuklir secara tepat dan benar. Bapeten bersama Anggota Komisi VII DPR RI menyelenggarakan kegiatan “Diseminasi Pengawasan Pemanfaatan Tenaga Nuklir di Surabaya, Jawa Timur” (16/11).

imgkonten imgkonten

Dalam kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh 100 orang peserta dan diawali oleh doa bersama dan dilanjutkan dengan sambutan dari Anggota Komisi VII DPR RI Bambang Dwi Hartono yang mengatakan “Dahulu orang kalo mendengar kata ‘Operasi’ yang terlintas pertama di pikiran kita adalah berdarah, luka, biaya mahal, padahal nyatanya tidak semua operasi berdarah dan membutuhkan biaya besar sama hal nya dengan nuklir yang terlintas pertama di pikiran kita adalah bom nuklir, ledakan, radiasi, padahal nyatanya penggunaan nuklir bisa dimanfaatkan di kehidupan kita dengan aman” dalam pemaparan sambutannya juga ditambahkan materi terkait contoh pemanfaatan nuklir yang ada di kehidupan masyarakat.

imgkonten imgkonten

Muhammad Sujana Prawira selaku Sub Koordinator Advokasi Hukum BAPETEN menyampaikan “BAPETEN adalah Badan Pengawas Tenaga Nuklir yang di bentuk oleh negara untuk mengawasi penggunaan dan pemanfaatan nuklir di sekitar, sering kali nuklir dianggap menyeramkan, dengan itu kita disini sama sama berbagi informasi terkait manfaat tenaga nuklir yang ada di keseharian masyarakat” .

Dalam penyampaiannya juga ia menambahkan “Kebanyakan ini pesertanya ini milenial nih masih pelajar, menurut kalian tenaga nuklir bisa di manfaatin apa? Nuklir bisa kita lihat pemanfaatannya di bidang kesehatan, industri, pangan, pertanian, pengawetan makanan bahkan sekarang nuklir juga bisa digunakan dalam penggunakan energi hijau atau energi baru”.

imgkonten imgkonten

Adapun ditambahkan pengenalan pada masyarakat terkait energi tenaga nuklir terdapat disekitar kita sebenarnya yang bisa dilihat sehari-hari seperti terdapat dalam buah buahan dan sayur seperti pisang, wortel, bayam, tidak hanya itu adapun cara pengolahan atau pengawetan makanan, serta pengembangan bibit menjadi varietas unggul. Dampak dari paparan zat radioaktif juga terbagi menjadi 2 yaitu deterministik (langsung) dan stokastik (tidak secara langsung).

imgkonten imgkonten

Acara ditutup dengan beberapa pertanyaan-pertanyaan dari peserta dan kemudian diakhiri dengan ramah tamah.(BHKK/CD)


Komentar (0)


Tautan BAPETEN

mkananmenu_2024-02-26-145126.png
mkananmenu_2021-04-19-125003.png
mkananmenu_2021-04-19-125235.png
mkananmenu_2021-08-25-114254.png
mkananmenu_2024-03-25-135103.png

Feedback

GPR Kominfo

Video

Tautan Internasional

Tautan LPNK